Mengenal Kanker Limfoma, Jenis Kanker Langka yang Dihidap Ari Lasso

Mengenal Kanker Limfoma, Jenis Kanker Langka yang Dihidap Ari Lasso

Ekel Suranta Sembiring
2022-02-08 16:40:20
Mengenal Kanker Limfoma, Jenis Kanker Langka yang Dihidap Ari Lasso
Ari Lasso (foto: Instagram @ari_lasso)

Musisi kondang Ari Lasso dikabarkan telah sembuh dari kanker langka bernama Limfoma setelah menjalani kemotrapi selama beberapa bulan. Adanya kabar ini, banyak publik ingin mengenal lebih jauh tentang kanker limfoma.

Pada kesempatan kali ini tim Correcto akan menyajikan tentang kanken Limfoma. Jenis kanker yang dihidap Ari Lasso yang kini telah sembuh.

Baca Juga: Sosok dan Fakta Lengkap Dea Firly, Curhat Suaminya Selingkuh dengan Adik Kandung

Mengenal Kanker Limfoma


Menurut hasil penelusuran Correcto, Limfoma merupakan sel darah putih yang berfungsi untuk membunuh bakteri dan virus. Selain di dalam peredaran darah, limfosit tersebar di beberapa bagian tubuh, seperti kelenjar getah bening, limpa, timus, sumsum tulang, dan saluran pencernaan.

Sementara kelenjar getah bening atau sering disebut kanker limfoma merupakan kanker darah yang dapat mengakibatkan pembengkakan kelenjar getah bening (limfadenopati). Limfoma berawal ketika sel kanker menyerang salah satu sel darah putih (limfosit) yang berfungsi melawan infeksi.

Perlu juga diketahui, Limfoma memiliki dua jenis yaitu limfoma Hodgkin dan limfoma non-Hodgkin. Perbedaan utamanya terletak pada jenis sel limfosit yang diserang kanker. Hal ini dapat diketahui melalui pemeriksaan dengan mikroskop.

Perlu juga diketahui, Limfoma non-Hodgkin lebih sering terjadi dibandingkan limfoma Hodgkin. Namun, limfoma non-Hodgkin lebih berbahaya daripada limfoma Hodgkin. Pada banyak kasus, limfoma non-Hodgkin memiliki tingkat kesembuhan yang lebih rendah dibandingkan limfoma Hodgkin.

Gejala utama limfoma adalah muncul benjolan di beberapa bagian tubuh, seperti leher, ketiak, atau selangkangan. Benjolan tersebut muncul akibat pembengkakan kelenjar getah bening. Selain itu, pembengkakan kelenjar getah bening, limfoma dapat menimbulkan gejala seperti demam, gatal-gatal, cepat lelah, batuk, berkeringat di malam hari, berat badan turun drastis, dan sesak napas.

Pengobatan kanker limfoma dapat dilakukan dengan beberapa jenis cara seperti mengonsumsi obat kemotrapi, radiotrapi, dan transplantasi sumsum tulang belakang. Ketiga cara pengobatan itu disesuaikan berdasarkan kondisi kesehatan, usia, serta jenis dan stadium limfoma yang dialami penderita.

Ari Lasso Hidap Kanker Limfoma


Seperti diberitakan sebelumnya, Ari Lasso dikabarkan mengidap kanker limfoma sejak bulan September 2021 lalu. Ari bercerita awal mula dirinya terdeteksi memiliki penyakit ini. Rasa sakit di bagian perutnya diawali saat ia sedang menyaksikan pertandingan bulu tangkis ganda putri Indonesia. 

“Gue lompat-lompat saking semangatnya, tiba-tiba perut gue kayak tertusuk, gue suruh kerokin, hilang. Tapi habis itu enggak enak,” ujarnya.

Setelah merasakan adanya kejanggalan, Ari pun bergegas ke RS dan harus menginap di rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan USG dan CT Scan.

Ari ditangani langsung oleh Rino Alvani Gani, profesor dan dokter spesialis penyakit dalam di Rumah Sakit Premier Bintaro. Dokter Gani sempat menanyakan seberapa parah kondisi Ari saat terkena Covid.

Dokter Gani akhirnya meminta Ari melakukan CT Scan abdomen. Hasil CT Scan menunjukkan ada sesuatu yang tumbuh di luar kewajaran. Ari akhirnya harus menjalani operasi besar untuk pengangkatan limpanya. Padahal kata Ari, awalnya ia tidak menjalani bedah total tapi hanya laparascopy.

Usai operasi, istrinya, Vita Dessy Catur Purnama, menunjukkan limpanya yang diambil. Ia juga ditunjukkan tumor yang ukurannya dua kali lebih besar dari limpanya. Ari akhirnya mendapat kepastian mengenai kondisinya setelah bertemu dokter keesokan harinya. Dokter menyebutkan kanker yang diderita Ari dikategorikan ganas dan sangat langka.

Untuk mengetahui dengan pasti apakah kankernya menyebar atau tidak, Ari akan menjalani PET Scan. Ia juga akan menjalani kemoterapi untuk pengobatannya.

Baca Juga: Profil dan Biodata Rizky Febian: Umur, IG, Karir, Resmi Pacaran Beda Agama dengan Mahalini

Ari Lasso Sembuh dari Kanker Limfoma


Kabar gembira pun datang, pasalnya Ari Lasso dinyatakan telah sembuh dari kanker yang dihidapnya. Tidak hanya itu, Ari juga disebut sudah menyelesaikan kemotrapinya dan dinyatakan suda bersih dari kanker. Hal ini disampaikan langsung oleh sang manajer, Yunski.

Yunski juga menceritakan kondisi terkini dari Ari Lasso. Saat ini Ari Lasso belum sepenuhnya kembali bugar. Mantan vokalis Dewa 19 itu masih dalam tahap pemulihan usai dinyatakan bersih dari kanker.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30