Menteri Erick Thohir Hadiri Ekspor Kopi Perdana Tahun Ini, Indonesia Bakal Ekspor Kopi 3000 Ton ke Luar Negeri Sepanjang 2022!

Menteri Erick Thohir Hadiri Ekspor Kopi Perdana Tahun Ini, Indonesia Bakal Ekspor Kopi 3000 Ton ke Luar Negeri Sepanjang 2022!

Dedi Sutiadi
2022-01-30 17:54:38
Menteri Erick Thohir Hadiri Ekspor Kopi Perdana Tahun Ini, Indonesia Bakal Ekspor Kopi 3000 Ton ke Luar Negeri Sepanjang 2022!
Menteri BUMN Erick Thohir Lepas Ekspor Kopi PPI Perdana Tahun 2022 sekaligus Launching PMO Kopi Nusantara (FOTO: Istimewa)

Menteri Erick Thohir hadiri acara lepas ekspor kopi ke Mesir. Berdasarkan kontrak yang telah disepakati, Indonesia akan lakukan ekspor kopi hingga 3000 ton ke luar negeri selama tahun 2022 ini.  

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) melakukan ekspor kopi perdana tahun 2022 sebanyak 130 ton ke Mesir, yang dilepas langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir di Lampung, pada 30 Januari 2022. Acara tersebut juga sekaligus launching PMO Kopi Nusantara.  

Baca juga: Tagar #CSRBUMNUntukIndonesia Trending Twitter, Erick Thohir Didukung karena Fokus CSR untuk UMKM dan Pendidikan

Ekspor Kopi 3000 Ton ke Luar Negeri

PPI akan terus mengekspor kopi ke Mesir sampai akhir tahun 2022 hingga 3000 ton berdasarkan kontrak yang ditandatangani awal Januari lalu. Ekspor ini sendiri telah berlangsung sejak September 2021 berdasarkan kontrak yang telah ditandatandatangani pada tahun 2021 yaitu sebanyak 600 ton. 

Kerjasama ini akan menjadi langkah penting dalam membangun kekuatan ekonomi Indonesia di Afrika, Eropa dan Timur Tengah. Indonesia kini menjadi negara yang pengekspor kopi ke Mesir terbesar di dunia dibandingkan dengan negara lainnya.  

Ekosistem Makmur untuk Sejahterakan Rakyat


Erick Thohir menjelaskan bahwa BUMN harus bergerak untuk mendukung pertumbuhan usaha rakyat, hal ini penting untuk kesejahteraan. Hal tersebut coba Erick Thohir wujudkan lewat ekosistem Makmur yang kehadirannya diharapkan membantu para petani hingga kesejahteraan para petani bisa lebih baik.   

"BUMN merupakan kapal induk besar yang menyatukan semua pihak untuk membangun keseimbangan ekonomi, mendukung pertumbuhan bisnis untuk semua, dan mensejahterakan masyarakat. Karena itu, kita berani untuk membangun suatu ekosistem bernama ekosistem makmur, yang sudah berjalan itu itu kemarin padi, jagung, dan tebu, dan sekarang kopi, nanti sebentar lagi ada teh," ujar Erick dalam keterangan tertulis seperti diterima correcto Minggu 30 Januari 2022.  

Perlu Dukungan Semua Pihak 


Melihat penting dan tujuan baik dari program Makmur tersebut, Erick Thohir program ini bisa mendapat dukungan dari semua pihak mulai dari pengusaha swasta dan juga pemerintah setempat. Menurut Erick Thohir ini penting agar bisa tutur membantu mensejahterakan para petani. 

"Ekosistem makmur ini membutuhkan dukungan dari semua pihak, Pemerintah Daerah, Kementerian Lain, pihak Swasta, teman-teman kita yang di luar negeri yang perlu kita ekspor, dan Kedutaan Besar. Toh konteksnya kita ingin mensejahterakan sahabat-sahabat kita, yaitu petani, dan juga swasta, dan BUMN atau Pemerintah Daerah sebagai tugas untuk mensejahterakan semua,” lanjutnya.

Baca juga: Wujudkan Indonesia Maju, Erick Thohir: CSR BUMN Fokus pada Pendidikan hingga UMKM  


Pada acara tersebut, PPI menghadirkan lebih dari 150 petani yang berdiskusi langsung dengan Erick Thohir, Gubernur Lampung, Duta Besar RI untuk Mesir, PMO Kopi Nusantara, Kementerian Perdagangan dan Dirut PPI. 

Dilaksanakan pula penandatanganan MoU antara petani dan offtaker, dan penandatanganan MoU antara BUMN dan Asosiasi untuk Mendukung PMO Kopi Nusantara. Penandatangan secara langsung dilaksanakan oleh Dirut PTPN III (Persero), Dirut Pupuk Indonesia (Persero), Dirut ID Food/RNI (Persero), dan Dirut Perum Perhutani. Sementara penandatanganan secara sirkuler dilaksanakan oleh  Dirut BRI, Dirut Telkom, dan Dirut Riset Perkebunan Nusantara. Selain itu juga MoU ini dilakukan dengan para petani Lampung dan off-takers.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24