Erick Thohir Bentuk Rumah BUMN, Berharap Pengusaha Muda Kepri Bangkitkan Ekonomi Berbasis Digital

Erick Thohir Bentuk Rumah BUMN, Berharap Pengusaha Muda Kepri Bangkitkan Ekonomi Berbasis Digital

Dedi Sutiadi
2022-01-08 20:58:40
Erick Thohir Bentuk Rumah BUMN, Berharap Pengusaha Muda Kepri Bangkitkan Ekonomi Berbasis Digital
Menteri BUMN Erick Thohir (FOTO: Antara)

Menteri BUMN terus dorong pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal khususnya wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Hal tersebut dibuktikan Erick Thohir lewat berbagai program di BUMN salah satunya Rumah BUMN dan padi dorong pengusaha muda bangkitan ekonomi lewat inovasi berbasis digital. 

Erick Thohir merupakan sosok pengusaha muda dan pejabat pemerintah yang memberi dukungan penuh pada pengembangan UMKM lokal di daerah. Menteri BUMN tersebut bahkan membuat berbagai kebijakan demi program pengenmabangan UMKM di daerah.  

Baca juga: Indonesia Negara Produsen Batu Bara Terbesar, Erick Thohir: Tidak Boleh Ada Krisis

BUMN Rangkul UMKM Lokal

Erick Thohir menyebutkan bahwa saat ini sudah banyak UMKM lokal yang tergabung dalam program BUMN. Ada ratusan UMKM lokal yang diberikan mentoring hingga pembelajaran terkait pengembangan usaha. 

"Saat ini sudah banyak BUMN yang ada di daerah. Dibawah Rp 400 juta, memberikan pembelajaran kepada UMKM lokal, ujar Menteri BUMN Erick Thohir di acara silaturahmi bersama HIPMI Kepri, di Hotel Radison, Jumat 7 Januari 2022.


Pengembangan UMKM Lokal Berbasis Digital 

Salah satu yang dilakukan adalah melakukan pengembangan UMKM lokal lewat inovasi berbasi digital, salah satunya program Pasar Digital atau PADI yang digagas Kementerian BUMN untuk percepatan dan efisiensi transaksi UMKM lokal. 

"Saat ini kurang lebih ada sekitar 107 perusahaan yang tergabung di BUMN. Tercatat, transaksi seluruh Indonesia melalui platform digital PADI tahun 2021 sekitar Rp 11,8 Triliun,” ujarnya. 

Rumah BUMN untuk UMKM Lokal di Kepri

Selain itu BUMN juga membentuk Rumah BUMN, sebuah langkah kolaborasi BUMN dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM yang juga diinisiasi sejak Tahun 2016. Erick mengenaskan hadirnya Rumah BUMN di Kepri sebagai bukti kongkrit keseriusan Kementerian BUMN dukung UMKM Lokal. 

"Tepatnya beberapa hari yang lalu telah diresmikannya Rumah BUMN. Itu merupakan salah satu program kongkrit Kementerian BUMN untuk mendukung UMKM lokal khususnya Provinsi Kepri, ungkapnya. 


Baca juga: PLN Alami Krisis Batu Bara, Erick Thohir : Ada yang Salah, Harus Diperbaiki

Erick Thohir Dorong Kebangkitan Ekonomi 

Erick Thohir juga mendorong segenap pengusaha muda di Kepri untuk bergerak bangkitkan perekonomian. Erick mendorong para pengusaha muda untuk berinovasi dalam berbisnis hingga bisa buka peluang dan lapangan kerja di daerah hingga dapat menekan angka pengangguran.  

"Indonesia, saat ini membutuhkan tokoh-tokoh muda yang peduli terhadap UMKM. Karena bangkitnya ekonomi membuka peluang besar bagi pengusaha muda untuk bisa kembali melanjutkan produksi dan membuka lapangan pekerjaan baru yang besar di daerah," beber Erick.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30