Mengenal WinAmp, Aplikasi Musik Kembali Hadir Disebut Saingi Spotify

Mengenal WinAmp, Aplikasi Musik Kembali Hadir Disebut Saingi Spotify

Foto
Aplikasi pemutar musik dan media Winamp (Sumber Foto: Twitter).

Pemutar musik yang begitu populer di masanya, Winamp yang perlahan dipaksa mati suri pada periode 2000-2010 karena kemajuan teknologi yang cepat hingga berdampak pada persaingan cepat di dunia musik.

Bahkan, kemunculan penyedia musik streaming seperti JOOX hingga Spotify juga turut membuat pecinta Winamp perlahan-lahan meninggalkan aplikasi klasik ini.

Selain itu, pengembangan dan pembaruan software yang buruk juga diduga jadi penyebab Winamp semakin dilupakan. Beberapa kali berusaha tetap bersaing, namun tetap gagal.

Baca Juga: Ini Cara Download YouTube MP4 Melalui Savefrom.net dan Y2mate

WinAmp Bangkit Kembali 

Perusahaan induk Winamp, AudioValley, memastikan rencana menghidupkan kembali aplikasi musik ini melalui situs web resminya. Logo baru bahkan sudah dipasang dan sangat berbeda dengan desain sebelumnya.

“Sesuatu yang besar sedang terjadi. Kami sedang membangun Winamp untuk generasi berikutnya. Tidak hanya diperbarui, tetapi benar-benar remaster," tulis situs Winamp yang kini telah diperbarui.

Namu, hingga saat ini belum ada informasi tentang konsep yang jelas mengenai aplikasi baru dari Winamp. Tampaknya, AudioValley mungkin meluncurkan kembali Winamp sebagai platform streaming musik, dengan menghadirkan koleksi jutaan lagu, podcast, hingga radio online.

“Winamp adalah legenda, pengubah permainan sejak 1997. Pemutar media dengan warisan dan komunitas yang dinamis dengan 80 juta pengguna aktif di seluruh dunia saat ini,” tulis situs yang diperbarui, dikutip Gadgets NDTV, Jumat (26/112021).

Winamp juga mengundang artis dan berbagai podcaster untuk bergabung. Perusahaan menjanjikan kontrol atas konten untuk konten kreator dan memastikan bantuan untuk dapat terhubung secara dekat dengan penggemar, supaya mendapatkan penghasilan yang lebih adil.

Namun, bagi yang ingin menjadi orang pertama menjajal aplikasi Winamp baru bisa mendaftar sebagai beta tester. Kemudian pengguna yang ingin nostalgia dengan aplikasi Winamp lawas masih dapat mengunduh versi 5.8.

Baca Juga: Tips dan Cara Bagikan Fitur Lirik di Spotify ke Medsos Secara Gratis

Pengalaman Baru 


Kemudian, Winamp versi terbaru nanti juga tak hanya bisa dipakai untuk mendengarkan musik secara offline, namun juga online. Selain itu, pengguna juga nantinya bakal bisa mendengarkan konten audio lainnya secara daring, mulai dari siaran radio hingga podcast. 

Dimana, Winamp generasi terbaru bakal mengusung sistem media sosial berbasis musik, dan memungkinkan para kreator konten mendulang keuntungan dari platform tersebut untuk pertama kalinya.

"Untuk para artis dan pembuat audio, kami ingin memberi Anda semua kendali atas konten Anda," kata Winamp. 

"Kami akan membantu Anda untuk terhubung erat dengan penggemar Anda, sekaligus mendapatkan penghasilan yang lebih adil dari karya-karya Anda," imbuh Winamp.

Baca Juga: Instagram Gunakan Fitur Baru Cukup Goyangkan Ponsel Untuk Lapor Masalah

Siap Saingi Spotify


Kembalinya Winamp ini diyakini akan menjadi pesaing aplikasi streaming musik lainnya, seperti Spotify dan JOOX. Bahkan kabar soal Winmap yang bakal kembali dengan genarasi terbarunya ini pun trending di Twitter.

Namun yang banyak menjadi pertanyaan apakah branding WinAmp cukup untuk bersaing dengan orang-orang seperti Spotify dan Apple Music masih akan harus terus dilihat lagi.