Ini Penjelasan Pertamina Setelah Ditegur Erick Thohir Soal Toilet di SPBU Harus Bayar

Ini Penjelasan Pertamina Setelah Ditegur Erick Thohir Soal Toilet di SPBU Harus Bayar

Foto
Erick Thohir Soal Toilet di SPBU Harus Bayar (Sumber Foto: Instagram).

Menteri BUMN Erick Thohir menyentil Pertamina karena menemukan di toilet SPBU harus membayar. 

Hal itu diunggah Erick Thohir melalui video di Instagram pribadinya @erickthohir, saat sidak di SPBU Pertamina Kecamatan Malasan, Probolinggo, Senin, 22 November 2021.

Baca Juga: Erick Thohir Jawab Semua Tudingan di Kick Andy Show, Cek Disini Lengkapnya

Erick Thohir Kaget Fasilitas Toilet SPBU Wajib Membayar


Video yang di unggah di laman Instagram pribadinya @erickthohir, Erick Thohir saat itu tampak melakukan dialog dengan seorang laki-laki penarik retribusi toilet umum yang berjaga di pintu masuk ke toilet umum yang tersedia di SPBU tersebut.

Dimana pada kesempatan tersebut Erick Thohir menanyakan mengapa orang yang menggunakan toilet umum yang tersedia di SPBU swasta tersebut diharuskan membayar.

Dalam percakapan tersebut, terungkap bahwa tarif untuk toilet SPBU tersebut, pengguna harus membayar Rp 2.000 untuk buang air kecil dan Rp 4.000 untuk BAB dan mandi.

Penjaga toilet tersebut beralasan biaya tersebut untuk perawatan toilet.

“Kenapa nggak gratis ini kan fasilitas umum?,”Tanya Erick Thohir.

“Saya kurang tahu pak saya cuma kerja,”sebut penjaga toilet tersebut.

Mendengr jawaban tersebut Erick Thohir kemudian meminta pria yang ia ajak bicara untuk menghubungi pemilik SPBU swasta tersebut yang bernama Agus.

Bahkan, Erick Thohir menekankan bahwa seharusnya pemilik SPBU sudah cukup mendapat untung dari berjualan bahan bakar di bawah naungan Pertamina. Menurut Erick Thohir, toilet umum seharusnya menjadi fasilitas gratis di setiap SPBU yang bekerja sama dengan Pertamina.

Baca Juga: Fakta-fakta Erick Thohir dan Presiden Jokowi Saat Jajal Sirkuit Mandalika

Erick Thohir Tegur Direksi Pertamina


Menteri BUMN Erick Thohir murka ke Pertamina setelah mengetahui fasilitas toilet di area Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) atau Pom bensin tidak gratis.

Erick Thohir pun kemudian meminta direksi Pertamina agar membebaskan biaya atau menggratiskan fasilitas toilet di seluruh area Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) atau Pom bensin Pertamina.

Erick berpesan kepada Direksi Pertamina untuk memperbaiki dan meminta seluruh Pom bensin di bawah pertamina untuk tidak menarik biaya dari fasilitas toilet di SPBU.

"Kepada direksi Pertamina, saya mengharapkan fasilitas umum harusnya gratis kan sudah ada pendapatan dari bensin, udah gitu sudah ada toko kelontong, ya masyarakat mustinya mendapat fasilitas tambahan," ucapnya.

"Saya minta direksi pertamina harus perbaiki. Dan saya minta nanti seluruh kerja sama dengan pom bensin swasta yang di bawah pertamina, toiletnya gak boleh bayar. Harus Gratis," Erick menambahkan.

Baca Juga: Menteri BUMN Erick Thohir Temani Presiden Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika

Penjelasan Pertamina Setelah Ditegur Erick Thohir 


Terkait hal tersebut PT Pertamina (Persero) buka suara melaui Vice President Corporate Communication & Investor Relations Pertamina, Fajriyah Usman, mengatakan toilet memang merupakan fasilitas yang disediakan untuk pengguna SPBU.

"Toilet merupakan fasilitas yang disediakan untuk pengguna SPBU. Kami ingatkan kepada seluruh SPBU untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, tidak hanya bbm namun juga termasuk memastikan ketersediaan toilet secara gratis dan memperhatikan kebersihan dan kenyamanannya," kata Fajriyah.

Pihak Pertamina juga menyampaikan terima kasih atas perhatian Erick Thohir terhadap layanan SPBU.

"Kami berterima kasih atas masukan pak menteri dan bapak ibu semua termasuk masukan dari masyarakat untuk membuat Pertamina lebih baik," sambungnya.