Ini Desain Piala Untuk Ajang Balap Asia Talent Cup 2021 di Sirkuit Mandalika yang Dibuat Disigner Produk Muda Indonesia

Ini Desain Piala Untuk Ajang Balap Asia Talent Cup 2021 di Sirkuit Mandalika yang Dibuat Disigner Produk Muda Indonesia

Foto
Bentuk piala yang dipamerkan oleh MGPA untuk ajang balapan Asia Talent Cup di Sirkuit Mandalika November 2021 nanti (Sumber Foto: Instagram @themandalika).

Sirkuit Mandalika rencananya akan debut sebagai lintasan balap Internasional pada ajang Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021. Balapan ini akan berlangsung November 2021 mendatang.

Baca Juga: Ini Jadwal MotoGP 2022, Sirkuit Mandalika Indonesia Masuk Daftar Circuit

Menggelar Balapan Pertama


Asia Talent Cup akan digelar pada 12-14 November di Sirkuit Mandalika. Ajang ini bakal menjadi menu pembuka bagi balapan-balapan lain yang nantinya digelar di sirkuit ini, misalnya World Super Bike (WSBK) pada 19-21 November 2021, kemudian balap MotoGP pada 18-20 Maret 2022.

Musim ini Idemitsu Asia Talent Cup diselenggarakan di 3 sirkuit dengan jumlah 8 race. Adapun sirkuit yang menggelar IATC 2021 yakni Sirkuit Losail Qatar, Sirkuit Twin Ring Motegi Jepang, dan terakhir di Sirkuit Pertamina Mandalika.

Bahkan para pebalap Indonesia juga turut serta dalam kompetisi balap kelompok junior ini. Dikutip dari laman resmi Asia Talent Cup, beberapa nama pebalap Tanah Air ikut dalam kompetisi IATC 2021, antara lain Dandi Herlian, Aditama Fadillah, Firdaus Herjun, dan Dheyo Azryan.

Saat ini tiga posisi teratas klasemen sementara dihuni oleh Furusato Taiyo (Jepang), Sharil Danial (Malaysia), dan Mie Gun (Jepang). Dengan sisa balapan hanya satu seri lagi, tampaknya Furusato Taiyo sudah mengunci gelar juara umum di balapan ini.

Baca Juga: Mengenal Sirkuit Mandalika, Resmi Masuk Tes Pramusim MotoGP Tahun 2022, Buat Indonesia Bangga

IATC 2021 Terdiri dari Perwakilan Delapan Negara


Asia Talent Cup merupakan kompetisi balap motor yang bertujuan mengasah skill para pebalap muda dari penjuru benua Asia, termasuk benua Oseania. IATC 2021 terdiri dari perwakilan delapan negara, yakni Australia, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Qatar, Thailand, dan Turki,

Dilansir dari laman resmi Asia Talent Cup, ajang ini menggunakan satu merek motor, yakni Honda NSF250R. Dimana, motor ini memiliki panjang total 1.809 mm, lebar total 560 mm, tinggi total 1.037 mm, jarak sumbu roda 1.219 mm, ground clearance 107 mm, dan tinggi jok 729 mm.

Honda NSF250R sendiri bertenagakan mesin 4-tak berpendingin cairan, silinder tunggal, dengan bore dan stroke 78,0 x 52,2 mm. Adapun kapasitas mesin motor ini adalah 249,3 cc, DOHC, dengan rasio kompresi 12.3: 1. Sementara untuk output tenaga dan torsinya tidak diinformasikan.

Kemudian, rangka motor ini menggunakan bahan aluminium berjenis twin tube. Suspensi depannya pakai model USD (Upside Down) dan untuk suspensi belakangnya pakai monoshock dengan Pro-link. Motor ini memiliki kapasitas bahan bakar sebanyak 11,0 liter.

Dan untuk kaki-kakinya, depan pakai ukuran ban profil 95/75R17, sementara ban belakang pakai profil 115/75R17. Lanjut ke rem depan, pakai cakram tunggal 296 mm, dengan kaliper 4 piston dan rem belakang pakai cakram tunggal 186 mm, dengan kaliper 1 piston.

Baca Juga: Siap Gelar MotoGP Tahun 2022 di Lombok, Ini Potret Sirkuit Mandalika

Desain Piala Untuk Ajang Balap Asia Talent Cup 2021 


Kemudian Mandalika Grand Prix Association (MGPA) memamerkan salah satu trofi/piala yang siap diberikan pada pembalap juara di Sirkuit Mandalika. Piala tersebut ternyata akan diberikan pada para pemenang balapan Asia Talent Cup 2021 yang siap digelar pada bulan depan. Desain piala tersebut dipamerkan oleh MGPA pada Minggu, 31 Oktober 2021 melalui akun resmi Instagram mereka @themandalikagp.

"Inilah piala-piala yang akan diperebutkan pebalap-pebalap muda yang akan bertarung di Asia Talent Cup (ATC) yang akan berlanjut lagi kita saksikan di Pertamina Mandalika International Street Circuit di bulan November," tulis akun Instagram @themandalikagp, seperti dilihat detikOto (31/10/2021).

"Dan tahukah Anda, piala-piala ini dibuat di Indonesia dan dibuat oleh designer-designer produk muda Indonesia," sambungnya.

"Soo..gimana design untuk Trophy WorldSBK karya Designer- designer Produk muda Indonesia ? Tunggu tanggal mainnya yaa.." tambahnya.