Ini Jadwal MotoGP 2022, Sirkuit Mandalika Indonesia Masuk Daftar Circuit

Ini Jadwal MotoGP 2022, Sirkuit Mandalika Indonesia Masuk Daftar Circuit

Foto
Dorna secara resmi mengumumkan bahwa Sirkuit Mandalika bakal menjadi tuan rumah MotoGP musim depan. (Sumber Foto: ARSYAD ALI/AFP)


Dorna secara resmi mengumumkan bahwa Sirkuit Mandalika bakal menjadi tuan rumah MotoGP musim depan. Nantinya gelaran balap kelas dunia ini akan berlangsung di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 18-20 Maret 2022.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia dan Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atas upaya mereka mewujudkan Event ini. Dukungan dari pemerintah yang berkelanjutan sangat diperlukan untuk kehadiran event MotoGP Indonesia 2022," kata Managing Director Dorna Sport, Carlos Ezpeleta dilansir dari rilis resmi yang didapat MPI, Kamis (7/10/2021).

Baca Juga: Mengenal Sirkuit Mandalika, Resmi Masuk Tes Pramusim MotoGP Tahun 2022, Buat Indonesia Bangga

Pengumuman ini langsung disambut dengan positif oleh Direktur Strategi dan Komunikasi Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Happu Harinto. Menurutnya, ajang ini bisa mendorong sektor pariwisata di Indonesia.

"Kami akan terus berbenah diri sejak tahun pertama hingga 10 tahun ke depan, sehingga Pertamina Mandalika International Street Circuit ini akan menjadi sirkuit yang menghadirkan balapan kelas dunia,” ujar Happy dalam rilis yang diterima Tempo, Kamis, 7 Oktober 2021.

Baca Juga: Profil dan Jejak Karir Valentino Rossi, Pembalap MotoGP yang Putuskan Pensiun Usai 9 Kali Juara Dunia

Sirkuit Mandalika sendiri saat ini dikabarkan telah mencapai 100 persen dalam hal pembangunan. Meski begitu, MGPA masih berusaha untuk berbenah dalam menyambut Asia Talent Cup dan WorldSBK musim ini.

Terkait instalasi pit building, saat ini tengah masuk masa persiapan. Salah satunya adalah instalasi teknologi race elektronik dan pengecetan trek, yang masih dalam persiapan. Nantinya pengerjaan itu akan dilakukan 52 tenaga ahli berpengalaman dari berbagai negara.

Baca Juga: Siap Gelar MotoGP Tahun 2022 di Lombok, Ini Potret Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika sendiri sejatinya direncanakan menjadi tuan rumah MotoGP pada 2021 ini. Namun, karena masih belum siap, maka diundur hingga 2022.


Berikut Jadwal MotoGP 2022:

6 Maret: Qatar – Losail

20 Maret: Indonesia – Mandalika

3 April: Argentina – Termas de Rio Hondo

10 April: Amerika Serikat – COTA

24 April: Portugal – Portimao

1 Mei: Spanyol – Jerez

15 Mei: Prancis – Le Mans

29 Mei: Italia – Mugello

5 Juni: Catalunya – Barcelona

19 Juni: Jerman – Sachsenring

26 Juni: Belanda – Assen

10 Juli: Finlandia – KymiRing

7 Agustus: Inggris – Silverstone

21 Agustus: Austria – Red Bull Ring

4 September: San Marino – Misano

18 September: Teruel – Aragon

25 September: Jepang -Motegi

2 Oktober: Thailand – Buriram

16 Oktober: Australia – Phillip Island

23 Oktober: Malaysia – Sepang

6 November: Valencia – Ricardo Tormo