Profil dan Biodata Elkan Baggot, Pemain Sepakbola yang Tolak Panggilan Timnas Indonesia Ternyata Perintah dari Pemerintah Inggris

Profil dan Biodata Elkan Baggot, Pemain Sepakbola yang Tolak Panggilan Timnas Indonesia Ternyata Perintah dari Pemerintah Inggris

Foto
Elkan Baggot (Sumber Foto: Instagram).

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan bahwa Elkan Baggott menolak untuk membela timnas Indonesia. Hal tersebut disampaikan Iwan Bule sapaan akrab Mochamad Iriawan selepas melakukan pertemuan dengan Menpora Zainudin Amali di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (22/10/2021).

Iwan Bule mengatakan bahwa PSSI sudah menghubungi pemain keturunan Indonesia itu untuk bergabung ke skuad Garuda beberapa kali. Namun Elkan Baggott sepertinya menolak untuk kembali membela timnas Indonesia.

"Elkan Baggott itu sudah dihubungi beberapa kali tetapi tampaknya tidak ingin membela timnas kita."

"Kita sayangkan itu," ucap Iwan Bule.

"Dulu waktu mau masuk timnas U-19 Indonesia ngejar-ngejar kita tapi sekarang ditawari timnas yang ada mereka tidak respon," ucap pria asal Bandung, Jawa Barat, itu menambahkan.

Lebih lanjut Iwan Bule menilai bahwa Elkan Baggott ingin membela negara lain.

Baca Juga: Profil dan Biodata Marselino Ferdinan, Wonderkid Persebaya yang Masuk 60 Pemain Muda Paling Menjanjikan di Dunia

Bantah Tolak Gabung Timnas Indonesia


Elkan Baggot membantah pernyataan yang menyebut dirinya menolak bergabung dengan Tim Nasional Indonesia. Pada Juni lalu Baggot dipanggil Shin Tae-yong (STY) untuk bergabung dengan Timnas di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Baggot menjelaskan alasannya tidak bisa bergabung dengan Timnas ke Dubai. Hal tersebut ia sampaikan dalam surat pernyataan maaf kepada PSSI. Baggot mengungkapkan bahwa dirinya tidak bisa ke Dubai karena kondisi covid-19 di sana yang sedang buruk.

"Pertama saya ingin mengucapkan permintaan maaf mendalam karena tidak menghadiri pemusatan latihan di Dubai. Alasannya ketika itu adalah pemerintah Inggris dan klub (Ipswich Town) menyarankan saya untuk tidak hadir karena situasi Covid di Dubai sangat buruk," tulis Baggott, Senin 25 Oktober 2021.

Baca Juga: Liverpool Permalukan Manchester United di Old Trafford, Cristiano Ronaldo Curhat di Media Sosial'

Siap Bela Timnas Indonesia


Baggot menyebut bahwa dirinya kini sudah siap untuk membela timnas Merah Putih. Terlebih saat ini kondisi covid-19 di Inggris dan Indonesia sudah membaik.

“Saat ini saya siap memberikan segalanya untuk timnas Indonesia demi mencapai tempat (target) yang seharusnya," ungkap Baggott.

Sementara itu, Ketum PSSI menyatakan menerima permintaan maaf Baggot. Sementara untuk pemanggilannya kembali ke Timnas tergantung STY.

"Kalau dari sudut pandang saya, membela tim nasional Indonesia itu adalah hak semua pemain. Kami sudah maafkan dirinya dan meminta dirinya untuk bergabung ke timnas Indonesia bila dibutuhkan oleh pelatih," kata Iriawan.

Baca Juga: Profil dan Biodata Putri KW Lengkap Umur dan Agama, Pebulutangkis Berhasil Juara Czech Open 2021

Penasaran dengan fakta Elkan Baggot? Berikut Correcto.id rangkumkan profil Elkan Baggot dan biodata Elkan Baggot.

Profil Elkan Baggot


Elkan Baggott memiliki darah Indonesia dari sang ibu, sementara ayahnya berasal dari Inggris. Meski demikian, Elkan memiliki paspor Indonesia.

Pemain bernama lengkap Elkan William Tio Baggott lahir pada 23 Oktober 2002. Pemain berposisi sebagai bek pernah bersekolah di British School of Jakarta pada tahun 2008.

Diketahui juga bahwa dia sempat tinggal di kawasan Bintaro, Tangerang, hingga tahun 2011 sebelum akhirnya di bawa orang tuanya ke Inggris.

Di Inggris, pemain dengan tinggi 194 centimeter itu sempat menimba ilmu di beberapa akademi sepak bola. Pada 2017 Elkan menerima beasiswa Professional Development Phase Scholarship dari Ipswich Town.

Menurut data dari Transfermarkt, pesepakbola yang kini berusia 17 tahun itu baru bergabung ke Ipswich Town U-18 pada 1 Juli 2019. Elkan Baggott juga sudah membukukan prestasi bersama Ipswich Town U-18. Salah satunya membantu klub tersebut menjuarai ajang Hospital Cup 2019.

Elkan Baggott dan kawan-kawan berhasil mengalahkan tim-tim kuat seperti Manchester United dan Tottenham Hotspur di ajang tersebut. Di final, mereka mengalahkan Norwich City.

Sebagai informasi bahwa debut Elkan Baggott bersama tim utama Ipswich Town berjalan manis. Pemain berdarah Indonesia-Inggris itu langsung menuai pujian dari sang Pelatih, Paul Lambert.

Tidak hanya 'naik kelas' ke tim utama, Elkan juga langsung ditunjuk mengisi pos starting line up dalam pertandingan melawan Gillingham di lanjutan EFL Trophy 2020/21.

Baca Juga: Profil dan Biodata Tommy Sugiarto Lengkap Ranking BWF, Tunggal Putra Indonesia Lawan Kento Momota di Denmark Open 2021

Biodata Elkan Baggot


Nama Lengkap:

Elkan William Tio Baggott
Nama Punggung:
 Elkan Banggott

Tempat/Tanggal Lahir:

Bangkok, Thailand 23 Oktober 2002
Kebangsaan:
 Indonesia Tinggi
Kaki Dominan:
 Kiri Posisi

Bermain:

Bek Tengah
Karier Sepak Bola:
Ipswich Town (2017-sekarang) King’s Lynn Town (pinjam; 2021)
Klub saat ini: 
Ipswich Town U-18
Prestasi:

1. Menerima beasiswa Professional Development Phase Scholarship dari Ipswich Town pada 2017.

2. Juara bersama Ipswich Town U-18 di ajang Hospital Cup 2019.