Mengenal Sambirejo, Sebuah Desa Wisata di Yogyakarta yang Terkenal Akibat Tebing Breksi

Mengenal Sambirejo, Sebuah Desa Wisata di Yogyakarta yang Terkenal Akibat Tebing Breksi

Foto
Desa Wisata di Yogyakarta yang Terkenal Akibat Tebing Breksi. foto: Instagram

Sebuah desa wisata di Yogyakarta bernama Desa Sambirejo terkenal akibat adanya Tebing Breksi yang menjadi daya tarik utama para wisatawan. 

Desa Sambirejo atau Desa Wisata Dewi Sambi ini, terletak di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Baca Juga:  Setelah Desa Wisata Dihapus, Kini Suku Baduy Tawarkan Konsep Saba Budaya


Masuk dalam 50 desa wisata terbaik

Akibat adanya Tebing Breksi, Desa Sambirejo atau Desa Wisata Dewi Sambi ini masuk dalam 50 desa terbaik se-Indonesia. Kini, jumlah desa wisata di Indonesia berjumlah 1831 desa.


Disambut hangat Menparekraf 

Kemudian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyambut hangat masuknya Desa Sambirejo masuk dalam daftar 50 desa wisata terbaik di Indonesia.

Hal ini diungkapkan oleh Sandiaga Uno saat mengunjungi desa wisata yang terletak di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada Jumat, 8 Oktober 2021.

Baca Juga:  Puncak Pelangkah Gading, Desa Wisata Tempat Menikmati Tiga Gunung yang Mengapit Kabupaten Karo


Sempat jadi desa termiskin

Dibalik keindahannya, Desa Sambirejo yang terletak di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, ternyata pernah jadi salah satu desa termiskin di Indonesia sebelum para warga sekitar merintis wisata Tebing Breksi yang merupakan situs geo heritage.

Sebelum menjadi salah satu destinasi wisata, Tebing Breksi merupakan tambang batu kapur. Namun, usai diadakan penelitian oleh Badan Geologi, baru diketahui bahwa Tebing Breksi adalah situs geo heritage yang berasal dari endapan abu vulkanik.