Mengenal Dewi Arimbi, Tokoh Wayang Jawa Mengajarkan Ketulusan Hati Lebih Indah dari Perwujudan Fisik

Mengenal Dewi Arimbi, Tokoh Wayang Jawa Mengajarkan Ketulusan Hati Lebih Indah dari Perwujudan Fisik

Foto
Wayang Dewi Arimbi (foto: Pitoyo)

Mengenal tokoh-tokoh wayang Jawa hingga saat ini masih saja menjadi salah satu hal yang menarik. Pasalnya, kisah cerita dari setiap tokoh wayang itu memiliki nilai-nilai sosial yang dapat menjadi pelajaran.

Nah, kali ini kita akan membahas tokoh wayang Dewi Arimbi. Bagi kamu yang ingin mengenal lebih jauh tokoh wayang tersebut, bisa langsung simak berikut ini:

Baca Juga: Mengenal Kumbakarna, Tokoh Wayang Jawa Bertubuh Raksasa dan Bersifat Perwira

Silsilah Dewi Arimbi


Dewi Arimbi merupakan putri kedua dari pasangan Prabu Arimbaka yang merupakan raja raksasa negara Pringgandani dan Dewi Hadimba. Dewi Arimbi mempunyai tujuh orang saudara kandung, bernama Arimba, Arya Prabakesa, Brajadenta, Brajamusti, Brajalamatan, Brajawikalpa, dan Kalabendana.

Dewi Arimbi menikah dengan Bima alias Werkudara, salah seorang dari lima kesatria Pandawa, putra Prabu Pandu (raja negara Astina) dengan permaisuri Dewi Kunti. Dari perkawinan itu ia mempunyai seorang putra yang diberi nama Gatotkaca.

Baca Juga: Mengenal Arjuna, Tokoh Wayang yang Dikenal Memiliki Banyak Julukan

Kesaktian Dewi Arimbi

Dalam ceritanya, Dewi Arimbi mempunyai kesaktian, antara lain dapat beralih rupa, dari wujud raksasa menjadi putri cantik jelita. Kesaktian ini ia dapatkan dari sabda Dewi Kunti karena Werkudara menolak mengawini Dewi Arimbi yang saat itu masih berujud raksasi (raksasa perempuan) yang menyeramkan.

Baca Juga: Mengenal Gatotkaca, Tokoh Wayang yang Dikenal dengan Julukan Otot Kawat Tulang Besi dan Jagoan Para Dewa

Fisik dan sifat Dewi Arimbi

Fisik Dewi Arimbi digambarkan seorang putri cantik yang memiliki watak jujur, setia dan penyayang. Dirinya sering mengajarkan ketulusan hati lebih indah dari perwujudan fisik.