Mengenal Arjuna, Tokoh Wayang yang Dikenal Memiliki Banyak Julukan

Mengenal Arjuna, Tokoh Wayang yang Dikenal Memiliki Banyak Julukan

Foto
Wayang Arjuna (foto: ngertiaja.com)

Meski zaman sudah terbilang modern, namun kepopuleran tokoh-tokoh wayang hingga saat ini masih terbilang masih terbilang tinggi. Pasalnya, masih banyak orang-orang ingin mengenal tokoh-tokoh wayang beserta ceritanya.

Nah, kali ini akan membahas tokoh wayang Arjuna yang memiliki banyak julukan. Bagi kamu yang ingin mengenal lebih jauh tokoh wayang ini, langsung saja simak berikut ini.

Baca Juga: Mengenal Batara Surya, Tokoh Wayang yang Dikenal Memiliki Watak tidak Suka Marah

Arjuna merupakan putera dari Prabu Pandu Dewanata, raja negara Astinapura dengan Dewi Kunti/Dewi Prita, putri Prabu Basukunti, raja negara Mandura.

Arjuna merupakan anak ke-tiga dari lima bersaudara satu ayah, yang dikenal dengan nama Pandawa. Dua saudara satu ibu adalah Puntadewa dan Bima/Werkudara. Sedangkan dua saudara lain ibu, putra Pandu dengan Dewi Madrim adalah Nakula dan Sadewa.

Baca Juga: Mengenal Gatotkaca, Tokoh Wayang yang Dikenal dengan Julukan Otot Kawat Tulang Besi dan Jagoan Para Dewa

Sebagai Raja di Kahyangan Kaindran

Arjuna dikenal sebagai seorang satria yang gemar berkelana, bertapa dan berguru menuntut ilmu. Karena dinilai berjasa akibat membinasakan Prabu Niwatakawaca, raja raksasa dari negara Manimantaka. Arjuna dinobatkan sebagai raja di Kahyangan Kaindran bergelar Prabu Karitin. dan mendapat anugrah pusaka-pusaka sakti dari para dewa.

Memiliki pakaian melangbangkan kesabaran


Arjuna yang memiliki 15 istri dan 14 anak itu punya pakaian melambangkan kebesaran, yaitu ; Kampuh/Kain Limarsawo, Ikat Pinggang Limarkatanggi, Gelung Minangkara, Kalung Candrakanta dan Cincin Mustika Ampal (dahulunya milik Prabu Ekalaya, raja negara Paranggelung).

Baca Juga: Mengenal Batara Wisnu, Tokoh Wayang yang Dikenal Memiliki Sifat Tegas hingga Pemaaf

Memiliki banyak julukan

Selain memiliki banyak istri dan anak, Arjuna juga memiliki nama dan nama julukan, antara lain ; Parta (pahlawan perang), Janaka (memiliki banyak istri), Pemadi (tampan), Dananjaya, Kumbang ali-ali, Ciptaning Mintaraga (pendeta suci), Pandusiwi, Indratanaya (putra Bathara Indra), Jahnawi (gesit trengginas), Palguna, Danasmara (perayu ulung) dan Margana (suka menolong).

Sifat Arjuna

Adapun sifat perwatakan yang dimiliki Arjuna ialah, cerdik, pandai, pendiam, teliti, sopan-santun, berani, dan suka melindungi yang lemah.