Cerita Mistis di Kebun Pisang Mojokerto, Tempat Situs Purbakala yang Dicap Angker

Cerita Mistis di Kebun Pisang Mojokerto, Tempat Situs Purbakala yang Dicap Angker

Foto
Kebun Pisang Mojokerto, Tempat Situs Purbakala yang Dicap Angker (foto: detik.com)

Di Desa Gemekan, Kecamatan Sooko, Mojokerto tepatnya di sebuah kebun pisang terdapat situs purbakala memiliki cerita mistis dan dicap sangat angker.

Puji Wahyudi (49) yang merupakan perajin bata merah di dekat lokasi situs mengatakan struktur bata merah kuno di kebun milik Mukid sejatinya ditemukan sejak 1986 silam. Penemuannya berawal dari seorang warga ingin menggali lahan tersebut dan diolah menjadi bata merah.

Baca Juga: Cerita Mistis Bangunan Mangkrak di Sleman, Dibangun Atas Kebun Bambu hingga Tempat Sarang Gaib

Akibat menemui batu kuno itu, warga yang ingin mengolah tanah itu pun memutuskan tidak melanjutkan rencananya. Selama puluhan tahun pula, Puji dan sebagian masyarakat setempat menganggap kebun pisang itu angker.


Dia percaya banyak makhluk gaib yang menjaga kebun pisang bernama Putuk Gedang itu. Sehingga tidak ada orang yang berani merusaknya.

"Lokasinya angker, konon kalau nekat menggali bisa sakit, lalu mati. Sekitar tahun 2017 ada orang ritual mencari emas di lokasi, setelahnya dia sakit dan mati," tutur Puji.

Baca Juga: Cerita Mistis di Terminal Kedung Cowek Surabaya, Petugas Mengaku Sering Dihantui

Struktur kuno juga ditemukan di lahan milik Sulkan yang terletak di sebelah utara Putuk Gedang tahun 2017. Lagi-lagi cerita mistis mewarnai penemuan bangunan purbakala ini. Menurut Puji, pemilik lahan pun tak berani memindahkan struktur tersebut.

"Pak Sulkan saat itu mau memindahkan bata kuno untuk dibuat galengan (jalan setapak). Malamnya dia mimpi ditangkap orang-orang seperti prajurit Majapahit. Besoknya ia mengembalikan ke lokasi semula karena arti mimpinya itu dilarang merusak bangunan ini," terangnya.