Cerita Mistis di Pantai Sembukan Wonogiri, Konon Dihuni Binatang-Binatang Gaib

Cerita Mistis di Pantai Sembukan Wonogiri, Konon Dihuni Binatang-Binatang Gaib

Foto
Pantai Sembukan Wonogiri (foto: Instagram/ @misterisolo)

Di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah ada sebuah objek wisata menyimpan cerita mistis yang melegenda. Tempat wisata yang dimaksud ialah Pantai Sembukan, konon pantai ini dihuni binatang-binatang gaib.

Dilansir dari akun Instagram @misterisolo, pantai tersebut punya sejarah cukup unik. Berawal dari kerabat kerajaan Mataram bernama Ki Pandanarum yang ingin mencari jati diri sehingga melalangbuana ke pesisir pantai Selatan.

Baca Juga: Cerita Mistis di Desa Kismoyoso Boyolali, Dulu Dipercaya Sebagai Sarang Kuntilanak

Dikisahkan, dulu Ki Pandanarum mendapat bisikan untuk bertapa di sebuah pantai yang banyak ditumbuhi tanaman obat bernama sembukan. Dalam bertapanya Ki Pandanarum diberikan pandangan masa depan bahwa kelak akan muncul raja baru Jawa dari keturunan Mataram yang bertapa di daerah ini.

Seiring berjalannya waktu, sosok yang dimaksud adalah Pangeran Sambernyawa yang bergerilya dan bertapa di tempat yang sama kemudian hari. Banyak yang percaya bahwa Pangeran Sambernyawa bertapa untuk meminta bantuan dan strategi dari penguasa laut Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul.

Baca Juga: Cerita Mistis di Jembatan Paras Banjar Badung, Konon Dijaga Sosok Ular Sering Muncul saat Rahinan

Sekarang, Pantai Sembukan menjadi sebuah tujuan wisata sekaligus destinasi bertapa. Para ahli metafisik percaya bahwa pantai ini merupakan gerbang antar dimensi yang menghubungkan keraton Pantai Selatan dengan keraton Surakarta dan Mangkunegaran.

"Pada 1 Suro para kerabat keraton akan melakukan ritual Larung Ageng sebagai bentuk penghormatan dan persahabatan kepada kerajaan Pantai Selatan," tulisnya.


Beberapa danyang dikabarkan memang menjaga daerah ini. Biasanya bentuk berupa makhluk yang bisa menyamar menjadi binatang. Diantaranya berupa ikan hitam yang bercorak merah dan burung besar dengan 5 ekor cabang. 

Baca Juga: Cerita Mistis Rumah Bekas Pembantaian Keluarga Dokter di Solo, Dicap Angker dan Dihuni Banyak Hantu

Konon, burung ini akan jinak ketika bertemu dengan keturunan Mataram sedangkan sang ikan biasanya bertugas mengawasi pantai agar tetap sopan dan aman. Konon, ikan inilah yang berubah menjadi gaib yang menarik orang yang dianggap perlu untuk dibawa ke kerajaan Pantai Selatan.

Baik karena kebaikan hatinya sehingga akan diberikan hadiah oleh keraton Pantai Selatan ataupun justru sebagai hukuman karena aturan yang dilanggar. Konon, ikan ini bisa muncul di rumah-rumah warga di seluruh Tanah Mataram sebagai pertanda gaib.