Profil dan karir Azis Syamsuddin, Wakil Ketua DPR RI yang Resmi Ditetapkan KPK Jadi Tersangka

Profil dan karir Azis Syamsuddin, Wakil Ketua DPR RI yang Resmi Ditetapkan KPK Jadi Tersangka

Foto
Azis Syamsuddin, Wakil Ketua DPR RI yang Resmi Ditetapkan KPK Jadi Tersangka (Sumber: Int)


Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan telah menetapkan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin sebagai tersangka terkait kasus suap Dana Alokasi Khusus (DAK) di Lampung Tengah.

Bahkan menurut sumber di internal KPK bahwa saat ini sudah mengirimkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) kepada Azis Syamsuddin. Sebelum SPDP dikirim, KPK juga disebut telah mengeluarkan Surat Perintah Penyidikan, dengan status Azis Syamsuddin sebagai tersangka.

Baca Juga: Fakta-fakta KPK Geledah Ruang Milik Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin

Berikut correcto.id profil lengkap Azis Syamsuddin Wakil Ketua DPR RI Bidang Politik dan Keamanan.

Profil Azis Syamsuddin


Azis Syamsuddin merupakan politikus asal partai golkar dan merupakan anggota DPR RI Komisi III. Kini ia menjabat sebagai salah satu wakil ketua DPR RI periode 2019-2024. Perjalanan karir politiknya dimulai sejak tahun 2004. Saat itu ia berhasil menjadi anggota Komisi III DPR RI dan membawahi bidang hukum, HAM, dan keamanan.

Sebelum terjun di dunia politik, Aziz merupakan seorang pengacara yang bergabung dalam Kantor Pengacara Gani Djemat & Partner sejak tahun 1994 hingga 2004. Sosok Azis Syamsuddin juga diketahui menjabat sebagai anggota di sejumlah organisasi. Salah satunya, ia menjaba sebagai Ketua Umum KNPI (komisi Nasional Pemuda Indonesia) sejak tahun 2008 hingga 2011.

Azis Syamsuddin menempuh pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana, Jakarta. Di saat yang sama ia juga menempuh pendidikan S1 di Fakultas Hukum Universitas Trisakti.

Azis Syamsuddin melanjutkan pendidikan S2 nya di Universitas Western Sydney, Australia dan S2 Hukum di Universitas Padjajaran. Terakhir, ia menyelesaiakan S3 Hukum Pidana Internasional Universitas Padjajaran, Bandung.

Baca Juga: Membedah Fakta-fakta Kasus Suap Penyidik KPK, yang Menyeret Nama Azis Syamsuddin

Biodata Azis Syamsuddin


Nama lengkap:

Azis Syamsuddin

Tempat asal:

Jakarta

Tempat/Tanggal lahir:

Surakarta 31 Juli 1970

Umur:

50 tahun

Agama:

Islam

Partai politik:

Partai Golongan Karya (Golkar)

Pendidikan:

S3 Universitas Padjajaran

Pekerjaan:

Politisi

Pasangan:

Nurlita Zubaidah