Jaringan Down, Telkomsel: Gangguan Sistem Komunikasi Kabel Laut

Jaringan Down, Telkomsel: Gangguan Sistem Komunikasi Kabel Laut

Foto
Telkom Indonesia (Foto: Antara)

Jaringan internet IndiHome dan Telkomsel sedang mengalami down di sejumlah lokasi di Indonesia. Gangguan atau jaringan down ini terjadi pada Minggu 19 September 2021 petang WIB. 

Merujuk laporan dari laman resmi pemantau Down Detector menyebutkan bahwa IndiHome dan Telkomsel down mulai meningkat sejak 17.25 WIB. Laporan gangguan memuncak pada 19.00 WIB dan mulai menurun per 20.00 WIB.

Dilaporkan bahwa gangguan jaringan internet IndiHome dan Telkomsel down di sejumlah lokasi di Indonesia, namun demikian mayoritas terjadi di wilayah Jakarta dan Surabaya. Adapun jenis gangguan yang dialami adalah penurunan kualitas jaringan. 

Jaringan internet IndiHome dan Telkomsel down pun jadi trending topic di lini masa sosial media Twitter. Netizen banyak mengeluh di Twitter soal gangguan yang dialami, tercatat sekitar 19,5 ribu dan 8,3 ribu tweet per 20.10 WIB. 


Baca juga: Asik! Ini Cara Dapat Kuota Belajar 10 GB Telkomsel, Hanya Rp 10 Ribu

SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza menjelaskan bahwa masalah jaringan internet IndiHome dan Telkomsel disebabkan gangguan di  sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam - Pontianak hari ini 19 September 2021, mulai sekitar pukul 17.33 WIB. Hal ini jadi penyebab layanan internet TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband mengalami penurunan kualitas di beberapa wilayah Indonesia.

"Saat ini  kami sudah langsung melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal sebelum tengah malam ini. Kami masih mengidentifikasi penyebab terjadinya gangguan," ungkap SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza Minggu 19 September 2021. 

Adapun tanggapan dari Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin nampak seirama. Kepada para pelanggan Denny Abidin meminta maaf atas masalah yang membuat pelanggan menjadi tidak nyaman.  

Baca juga: Kemendikbud Gandeng Telkomsel Sediakan Akses Internet Gratis Untuk Civitas Akademika


Sehubungan dengan adanya gangguan teknis terutama pada layanan internet di sejumlah titik di wilayah  Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua, dapat kami sampaikan bahwa:

1. Saat ini kami bersama TelkomGroup sedang berusaha untuk menemukenali penyebab gangguan, dan memprioritaskan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak. Sedangkan untuk layanan telepon dan SMS masih dapat diakses dengan normal.

2. Kami menyampaikan permohonan maaf atas hal ini, dan kami mengapresiasi kesetiaan pelanggan yang selalu mempercayakan solusi kebutuhan layanan telekomunikasi kepada Telkomsel. Kami akan segera menginformasikan proses pemulihan layanan tersebut secara berkala.