Komisaris Milenial Adrian Zakhary Sebut Pemimpin Masa kini Harus Punya Nilai Akhlak

Komisaris Milenial Adrian Zakhary Sebut Pemimpin Masa kini Harus Punya Nilai Akhlak

Foto
Komisaris Milenial Adrian Zakhary

Komisaris Milenial Adrian Zakhary menilai nilai-nilai kepemimpinan penting diterapkan dalam diri mahasiswa. Menurutnya pemimpin masa kini harusnya punya nilai Akhlak.

Komisaris Milenial PTPN VIII Adrian Zakhary mendapat kesempatan untuk memberi materi kepada seluruh mahasiswa baru Sekolah Tinggi Ilmu Hukum IBLAM pada Kamis 9 September 2021. Materi penting yang disampaikan pada para mahasiswa adalah pentingnya nilai Akhlak untuk pemimpin masa kini.

Baca juga: Belajar Kepemimpinan dari Jokowi, Adrian Zakhary ke Mahasiswa STIH IBLAM: Harus Punya Visi

Nilai Akhlak yang pertama penting untuk dimiliki oleh pemimpin masa kini menurut Adrian adalah nilai amanah. Prakteknya adalah mampu bertanggung jawab saat diberikan kepercayaan dalam sebuah kepemimpinan.    

"Pemimpin masa kini itu harus punya AKHLAK. Pertama amanah, amanah itu ya ketika diberi tanggung jawab kita bertanggung jawab gitu kita harus memenuhi," kata Komisaris Milenial PTPN VIII Adrian Zakhary Kamis 9 September 2021.  

Selanjutnya menurut Adrian pemimpin masa kini harus punya nilai kompetensi. Artinya seorang pemimpin harus punya kapasitas dan pengalaman yang mumpuni dalam memimpin.  

"Kedua kompeten, Kita juga harus punya kompetensi misalnya kita harus punya background akademis yang bagus, pengalaman profesional yang Oke, ketika kita dikasih mana kita bisa menjalankannya," ungkapnya.


Selain itu, sikap dan nilai harmonis juga penting untuk pemimpin. Menurut Adrian praktek nilai harmonis di kampus bagi mahasiswa adalah mampu berkomunikasi dengan para senior dan juga junior.

"Harmonis, harmonis ini penting. Kita harus bisa berhubungan juga sebagai pemimpin sebagai mahasiswa baru teman-teman juga harus bisa terkoneksi dengan senior-senior yang ada di kampus. Kita harus menjaga hubungan dengan senior dan kita juga harus menjaga hubungan bagi senior jaga hubungan dengan Junior,"tuturnya.

Baca juga: Ketua IKA FTIP Unpad Adrian Zakhary: Kolaborasi Alumni dalam Hybrid University Buat Citra FTIP Semakin Dikenal

Menurut Adrian yang tidak kalah penting selanjutnya adalah nilai loyal, adaptif, dan juga kolaboratif. Tugas sikap ini penting karena sebagai seorang pemimpin. Untuk nilai adaptif penting dimiliki pemimpin di masa kini karena banyak perkembangan yang harus dipelajari dan diadaptasi hingga lahir berbagai karya atau gerakan kreatif dan inovatif.  

"Loyal, kalau di kami akhlak di dalam nilai akhlak itu, loyal itu sangat penting. Adaptif tertentu yang seperti saya bilang tadi dengan adanya inovasi teknologi kita adaptif dan kolaboratif," pungkasnya.