Belajar Kepemimpinan dari Jokowi, Adrian Zakhary ke Mahasiswa STIH IBLAM: Harus Punya Visi

Belajar Kepemimpinan dari Jokowi, Adrian Zakhary ke Mahasiswa STIH IBLAM: Harus Punya Visi

Foto
Adrian Zakhary , Komisaris Milenial PTPN VIII

Nilai kepemimpinan yang ideal di era disrupsi menurut Adrian Zakhary bisa banyak belajar dari Presiden Jokowi. Sosok yang pemimpin visioner penting di era ini.    

Saat mengisi webinar untuk mahasiswa baru di sekolah Ilmu Hukum IBLAM, Adrian menyampaikan pentingnya nilai-nilai kepemimpinan bagi anak muda. Menurutnya mahasiswa bisa melihat sosok Jokowi dalam hal kepemimpinan yang ideal.  

"Bagaimana sih sebetulnya pemimpin itu? Bagaimana sih kita melihat? Anak-anak muda seperti kita harus belajar dari leader-leader yang sudah ada. Saya kasih contoh kayak misalkan kita belajar dari Presiden Jokowi, presiden yang saat ini. beliau merupakan orang yang cukup visioner," ungkap Adrian Zakhary, Komisaris Milenial PTPN VIII 9 September 2021.

Baca juga: Komisaris Milenial PTPN VIII Adrian Zakhary Jelaskan Pentingnya Peran Kampus untuk Indonesia Maju

Pemimpin harus tahan uji

Menurut Adrian kemampuan kepemimpinan harus kokoh dan tahan uji. Seperti yang dibuktikan oleh Jokowi, dirinya mampu kokoh menghadapi berbagai kondisi sulit, diuji di tengah situasi krisis karena pandemi covid-19.

"Leadership beliau (Jokowi) juga kita lihat diuji ketika pandemi kemarin. Indonesia walaupun banyak yang tidak suka kita saat ini sudah sedikit bisa menurunkan tingkat atau positivity rate covid-19 di Indonesia. Leadership akan diuji di tengah krisis dan bagi saya Pak Jokowi sudah sudah terus on progress di Leadernya tadi. Terus bagaimana menyatukan senior-senior di dalam pemerintah itu saya juga itu sebuah sebuah leadership yang kuat," tuturnya.



Pemimpin harus punya intelektualitas

Menurut Adrian seorang pemimpin harus cerdas dan memiliki kapasitas intelektualitas yang mumpuni. Hal tersebut juga bisa dilihat dari sosok Presiden Jokowi sebagai sosok pembelajar. Selain itu menurut Adrian stabilitas emosi juga penting sebagai seorang pemimpin.

"Intelektualitas ya jelas juga seorang akademisi dulunya juga lulusan dari kampus juga. Orang yang yang pembelajar juga. Beliau memiliki stabilitas emosi," beber Adrian.

Pemimpin harus tegas

Selain itu juga kita bisa belajar soal ketegasan dari sosok Presiden Jokowi dalam hal pengambilan keputusan. Menurut Adrian, anak muda sebagai pemimpin masa depan harus memiliki sikap tegas.

"Terus ketegasan, ketegasan beliau, kemampuan manajerial, dan juga integritas. Yang pasti untuk jadi pemimpin yang highlight adalah kita harus punya visi yang sangat bagus," tegasnya.  

Baca juga: Ketua IKA FTIP Unpad Adrian Zakhary: Kolaborasi Alumni dalam Hybrid University Buat Citra FTIP Semakin Dikenal

Pemimpin harus visioner

Dari semua nilai-nilai penting tersebut menurut Adrian, hal yang tidak bisa ditawar dari seorang pemimpin di era disrupsi saat ini adalah visioner. Adrian berpesan pada para mahasiswa agar menjadi pribadi yang visioner kedepan dan mampu merancang masa depan dengan baik.

"Sehingga memang kita melihat bahwa visi itu sangat bagus. Ketika diterapkan juga bagi mahasiswa bahwa ketika belajar di sini ya Nggak cuma sekedar belajar tapi juga harus punya visi. Setelah lulus Saya mau jadi apa, Saya mau ke mana, itu juga penting," pungkasnya.