Ketua IKA FTIP Unpad Adrian Zakhary: Kolaborasi Alumni dalam Hybrid University Buat Citra FTIP Semakin Dikenal

Ketua IKA FTIP Unpad Adrian Zakhary: Kolaborasi Alumni dalam Hybrid University Buat Citra FTIP Semakin Dikenal

Foto
Ketua IKA FTIP Unpad Adrian Zakhary

Ketua IKA FTIP Unpad Adrian Zakhary menyebutkan bahwa kolaborasi antara alumni dan civitas Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) penting dilakukan. Hal tersebut dalam rangka mewujudkan Hybrid University yang bakal berdampak pada Citra FTIP Semakin Dikenal  yang semakin dikenal publik. 

Komisaris Milenial PTPN VIII Adrian Zakhary menghadiri acara perayaan Dies Natalis ke-16 Adrian Zakhary Fakultas Teknologi Industri Pertanian pada Senin 13 September 2021. Acara diadakan secara virtual dan disiarkan lewat Youtube Humas FTIP Unpad. 

FTIP Usia Remaja Menuju Dewasa 

Dalam acara tersebut Adrian hadir dan memberikan sambutan sebagai Ketua IKA FTIP Unpad. Dalam sambutannya Adrian menyebut bahwa usia ke-16 tahun adalah usia remaja bagi FTIP Unpad. Sehingga harus terus tumbuh menjadi dewasa. 

"Bagi kami usia 16 tahun adalah usia remaja, di mana FTIP mulai belajar untuk menjadi dewasa. Fase kelahiran pada 2005 lalu menjadi tonggak sejarah awal di mana saat itu saya ingat betul Prof. Dr. Ir. Nurpilihan Bafdal, M.Sc dalam memimpin transisi dari Jurusan Teknologi Pertanian menjadi Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP)," ungkap Ketua IKA FTIP Unpad Adrian Zakhary seperti dikutip dari Youtube Humas FTIP Unpad pada Senin 13 September 2021.


Baca juga: Apresiasi CORRECTO.ID Gen Z Freedom Awards 2021, Adrian Zakhary: Terus Berkarya untuk Indonesia Lebih Maju 

Ikut Berjuang Membangun FTIP Unpad

Adrian menyebutkan bahwa tidak hanya dosen dan para guru besar yang berjuang membangun ekosistem FTIP Unpad saat itu. Adrian berkisah bahwa saat itu mahasiswa juga ikut bergerak membangun FTIP Unpad, membuat eksistensi FTIP Unpad jadi nyata lewat berbagai kegiatan yang produktif.       

"Semua lini termasuk Kami mahasiswa mendukung dengan menyiapkan berbagai organisasi kemahasiswaan seperti BEM, Himpunan dan kegiatan-kegiatan mahasiswa lainnya untuk mendukung ekosistem FTIP pastinya. Termasuk kami juga mengikuti berbagai macam kegiatan kompetisi seperti program kreativitas mahasiswa, lomba karya tulis mahasiswa dan lain-lain yang membawa nama Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) saat itu," kata Adrian.  

Masa Pahit dan Manis FTIP Unpad

Adrian dalam sambutannya juga berkisah bahwa di fase awal transisi FTIP Unpad merupakan masa-masa pahit. Namun hal tersebut tidak membuat dirinya minder dan justru semakin bangga dengan kelahiran FTIP Unpad. 

"Tidak mudah fase transisi Kami merasakan betul pahit manisnya transisi dari sebuah jurusan ke Fakultas. Tapi tersirat kebanggaan saat menyebutkan nama Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) karena itu dengan 2 jurusan Teknik Pertanian dan Manajemen Industri Pertanian dan Teknologi Pangan.Pada 2009 saat lulus kami merasakan juga kokohnya bangunan baru gedung FTIP  yang saat ini ditempati," kisah Adrian.

 

FTIP Unpad Terus Tumbuh Lebih Kreatif dan Inovatif

Adrian yakin FTIP Unpad yang masih berusia 16 tahun akan terus tumbuh, dari usia remaja menuju matang dewasa. Adrian mendorong FTIP Unpad terus tumbuh lebih kreatif dan Inovatif. 

"Kami yakin bahwa di usia saat ini FTIP akan lebih matang dan lebih dewasa, dan juga belajar dari berbagai macam pengalaman termasuk kesalahan dan perbaikan untuk menuju era baru di masa ini yang lebih inovatif dan juga kreatif," lanjutnya.  

Baca juga: Komisaris Milenial PTPN VIII Adrian Zakhary Usulkan Transformasi Kurikulum Kampus di Webinar Series Unpad  


FTIP Unpad dalam Hybrid University

Adrian berharap FTIP Unpad bisa memainkan bisa bersikap adaptif di era transformasi digital dan pandemi covid-19. Adrian juga mendorong FTIP Unpad bisa jadi yang terdepan dalam penerapan dan mewujudkan Hybrid University. Selain itu Adrian juga berharap kolaborasi antara alumni dengan segenap civitas akademis FTIP Unpad sangat penting agar membuat FTIP Unpad bisa semakin dikenal tingkat nasional juga global. 

"Pada era transformasi digital dan pandemi covid-19 atau kita menyebutkan new normal, Kita berharap FTIP bisa memainkan peran sentral. Dalam Dies Natalis Unpad ke-64 lalu Hybrid University menjadi kata kunci untuk sukses di era ini dan kami mengharapkan bahwa FTIP bisa menjadi yang terdepan dalam Hybrid University ini," beber Adrian.  

"Saya harapkan kolaborasi antara FTIP dan alumni, kami bisa membawa FTIP semakin dikenal dan memberi dampak untuk Indonesia Indonesia terutama dalam bidang teknologi industri pertanian dengan sinergi dalam penerapan Hybrid University dan juga meningkatkan peran alumni maka kita bisa bersama-sama untuk menaikkan Citra fakultas teknologi industri pertanian di mata nasional dan dunia,"pungkasnya.