Cerita Mistis di Gunung Guntur, Dipercaya Dihuni Sosok Kakek Kerdil Berjenggot Lumut

Cerita Mistis di Gunung Guntur, Dipercaya Dihuni Sosok Kakek Kerdil Berjenggot Lumut

Foto
Gunung Guntur (foto: Pinterest)

Gunung Guntur yang berada di Kabupaten Garut, Jawa Tengah menyimpan berbagai cerita mistis dari para pendaki. Seperti salah satu pendaki asal Tangerang bernama Lukman mengaku bertemu dengan sosok kakek kerdil berjenggot lumut yang dipercaya sebagai penghuni Gunung Guntur.

Ceritanyam pada tahun 2006 silam, Lukman bersama 11 orang lainnya dari Tangerang dan 8 orang pendaki dari Garut mendaki Gunung Guntur. Dirinya bertemu hingga tak sengaja membuat perjanjian dengan sosok kakek penunggu hutan Guntur.

Baca Juga: Cerita Mistis di Studio MasterChef, Konstestan Putri Uti Percaya dengan Kehadiran Hantu Si Merah

Pertemuannya berawal saat dirinya membantu teman-temannya satu per satu untuk naik lembahan yang tinggi sekali. Tangan kiri dia memegang pohon, tangan kanannya menarik temannya satu per satu.

Pada saat itu terjadi peristiwa yang membuat bulu kuduk merinding. Karena saat itu penglihatan Lukman tertutup kabut tebal, dia menarik sosok kakek yang dia kira adalah temannya.

"Pas gue mau tarik, dia malah balik narik. Seolah nolak bantuan gue. Pas gue lihat tangan sampai kaki, ternyata dia sosok kakek kerdil nyeker ga pake sepatu, pake kolor doang, dan janggutnya berwarna ijo kayak lumut. Pas lihat matanya itu tajem banget kayak marah ke gue," kata Lukman.


Lukman pun langsung percaya dengan kakek itu sebagai penunggu Gunung Guntur, dengan spontan dirinya langsung minta maaf dan izin ke sosok kakek itu.

"Saya bilang hampura ki saya cuma mau lewat, kalau ada anak-anak yang macem-macet saya yang tanggungjawab," kata Lukman.

Setelah melontarkan permintamaafan itu, Lukman mengatakan sosok kakek itu langsung menghilang. Dia bersama teman-temannya pun melanjutkan perjalanan. Dia tidak bercerita ke teman-temannya tentang kejadian mistis tersebut.

Tidak hanya itu, Lukman juga mengaku melihat sosok kuntilanak bergelayutan di akar pohon kembar. Kejadiannya ketika dirinya ingin istirahat dalam tenda.

Baca Juga: Cerita Mistis di Caringin Tilu Bandung, Pengunjung Sering Diganggu Kuntilanak Bila tidak Sopan

Saat itu, dirinya  tidak bisa tidur kemudian merasa ada yang mengencingi tendanya. Tapi pas dilihat tidak ada orang, dia pun mencoba tidur dan menghiraukan hal itu. Karena susah tidur, dia membuka tendanya, dan tidak sengaja melihat sosok kuntilanak bergelayutan di akar pohon kembar.

"Setelah itu gue ga sengaja lihat ke pohon kembar yang kayak hammock tadi, pas lihat ke atas ternyata ada sosok kuntilanak galayutan," kata Lukman.


Tidak hanya sampai disitu, pada saat perjalanan pulang, temannya mengaku melihat ada kakek-kakek yang mengelilingi tenda Lukman saat malam pertama. Kakek itu ternyata kakek yang pernah dilihat Lukman sebelumnya.

Dia pun merasakan pengalaman mistis yang luar biasa, karena setelah tiba di rumahnya, kakek tersebut masih mengikutinya, hingga dia tidak bisa tidur selama tiga hari.

Setelah itu dia pun dipanggil guru ngajinya untuk dilakukan rukyah. Hingga akhirnya makhlus halus dengan sosok kakek berjenggot lumut itu dimasukan ke dalam botol.

Saat itu, guru ngaji Lukman tidak menceritakan penyebab sosok kakek tersebut terus mengganggu Lukman. Belasan tahun kemudian, barulah guru ngajinya bercerita bahwa sosok itu ingin menagih janji kepada Lukman. Karena Lukman pernah mengatakan bahwa dia yang bertanggungjawab atas teman-temannya. 

Dan ternyata tanpa diketahui Lukman, saat kejadian ada kuntilanak dulu, guru ngajinya mengatakan bahwa ada perbuatan maksiat yang dilakukan teman-temannya di tenda.

Baca Juga: Cerita Mistis di Gunung Wijil Klaten, Dihuni Buto Ijo dan Sering Dijadikan Tempat Pesugihan

Teman-temannya yang tendanya di bawah pohon kembar ada yang minum-minum alkohol, sementara pasangan pendaki yang tendanya juga di bawah pohon kembar, hampir melakukan zina.

"Ternyata saat itu ada temen-temen gue yang mabok, dan pasangan pendaki yang hampir melakukan zina," tandas Lukman mengakhiri cerita.