Mengenal Ancaman Badai Matahari Ekstrem, Mulai Merusak Satelit hingga Hidup Tanpa Internet

Mengenal Ancaman Badai Matahari Ekstrem, Mulai Merusak Satelit hingga Hidup Tanpa Internet

Foto
ilustrasi badai Matahari Ekstrem di Bumi. Foto: Pixabay

Selain sampah antariksa dan asteroid, badai Matahari sangat menakutkan. Karena dapat merusak satelit hingga manusia dapat hidup tanpa internet. 

Badai Matahari ekstrem ini, merupakan salah satu fenomena astronomi yang tidak perlu terlalu ditakutkan oleh manusia karena Bumi sendiri memiliki serangkaian pelindung untuk menangkalnya.

Baca Juga:  Fakta-fakta Matahari Terbit dari Utara, Mulai dari Sebuah Rayuan hingga Ketakutan Datangnya Hari Kiamat

Meski demikian, terdapat beberapa ancaman yang disebabkan oleh badai Matahari Ekstrem ini.

1. Hidup tanpa internet


Sebuah penelitian yang dilaporkan oleh SIGCOMM 2021, badai Matahari ekstrem dapat berpotensi manusia hidup tanpa internet selama berminggu-minggu.

Dalam sebuah makalah yang disusun oleh Sangeetha Abdu Jyothi yang merupakan seorang asisten profesor di University of California, ungkapkan sebagian manusia di bumi akan merasakan bagaimana hidup tanpa adanya jaringan internet saat badai Matahari ekstrem.

2. Merusak satelit


Selain berpotensi akibatkan manusia hidup tanpa internet, badai Matahari ekstrem juga dapat merusak satelit dan membahayakan teknologi antariksa. Akibatnya, kegiatan manusia yang tergantung pada satelit di luar angkasa akan terganggu.

Baca Juga:  Fakta-fakta Pernyataan NASA soal Matahari akan Terbit dari Barat, Kebenarannya Sangat Mengejutkan

3. Listrik padam


Akibat adanya medan magnetik bumi yang disebabkan oleh badai Matahari ekstrem, akan berakibat pada padamnya listrik di sebuah wilayah. Seperti tahun 1989 di Kanada, akibat adanya badai Matahari jaringan listrik di Quebec padam.