Fakta-fakta Matahari Terbit dari Utara, Mulai dari Sebuah Rayuan hingga Ketakutan Datangnya Hari Kiamat

Fakta-fakta Matahari Terbit dari Utara, Mulai dari Sebuah Rayuan hingga Ketakutan Datangnya Hari Kiamat

Foto
Ilustrasi Matahari Terbit dari Utara. Foto: Pixabay

Sebuah fenomena matahari terbit dari utara yang terjadi di Kabupaten Janeponto, Sulawesi Selatan itu membuat banyak pihak kaget dan menjadi video viral di media sosial karena dikaitkan dengan ketakutan datangnya hari kiamat. Berikut fakta-faktanya.

Matahari terbit dari utara di Jeneponto, Sulawesi Selatan tersebut viral di media sosial setelah seorang guru merekam kejadian tersebut dan membagikannya ke media sosial pada Kamis 18 Juni 2021.

Baca Juga: Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan Beri Dukungan Erick Thohir untuk Maju Pilpres 2024

Sebuah Rayuan


Tidak hanya sebagai tanda akan terjadinya hari kiamat. Fenomena matahari terbit dari utara tersebut, rupanya dijadikan sebagai sebuah rayuan kepada seorang perempuan dari seorang laki-laki dalam sebuah lirik lagu milik Kahitna yang berjudul 'Cantik'.

Selain enak didengar, lagu tersebut nyatanya cukup dapat membius hati setiap perempuan jika dinyanyikan.

"Walau mentari terbit di utara, hatiku hanya untukmu", lirik lagu Kahitna berjudul 'Cantik'.

Viral di Media Sosial


Matahari terbit dari utara di Jeneponto, Sulawesi Selatan tersebut, viral di media sosial sejak sebuah video yang memperlihatkan salah satu fenomena alam tersebut beredar di media sosial.

Bahkan, seorang netizen dalam akun Twitter @TSolihien mempertanyakan matahari terbit dari utara sebuah tanda yang diyakini menjadi tanda akan terjadinya kiamat.

Penjelasan BMKG


Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG, Daryono menjelaskan, fenomena matahari terbit dari utara tersebut merupakan sebuah gerakan semu dari matahari.

Baca Juga: Kagumi Semangat Mahasiswa Disabilitas, Erick Thohir Beri Beasiswa

Dalam akun Twitter miliknya, Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG ini mengungkapkan rasa prihatin yang begitu dalam dan menyebutkan, gerakan semu matahari yang membuat seolah matahari terbit di utara telah dijelaskan pada pelajaran geografi di tingkat SMP.