Fakta Terbaru, Ini Sosok Dukun Pesugihan Penyebab Bocah 6 Tahun di Gowa Sulsel yang Dicongkel Matanya

Fakta Terbaru, Ini Sosok Dukun Pesugihan Penyebab Bocah 6 Tahun di Gowa Sulsel yang Dicongkel Matanya

Foto
SU (65), dukun yang diduga terlibat Pesugihan Penyebab Bocah 6 Tahun di Gowa Sulsel diperiksa polisi (foto: KOMPAS.COM/ABDUL HAQ YAHYA MAULANA T)

Viralnya seorang bocah berinisial AP (6) asal Desa Lembang Panai, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa matanya dicongkel orang tua sendiri demi pesugihan, kini polisi terus mendalami kasus tersebut. Saat ini polisi sedang memeriksa seorang dukun yang diduga ikut dalam ritual tersebut.

Adapun sosok dukun yang diperiksa polisi berinisial SU (65) warga Lembang Panai, Kecamatan Tinggimoncong. Dirinya ditangkap polisi pada Selasa (7/9/2021) lalu. 

Baca Juga: Selain Pesugihan, Kasus Pencongkelan Mata Bocah 6 Tahun Juga Diduga Ada Kanibalisme

Menurut penjelasan polisi, saat pihaknya menggeledah rumah SU, banyak ditemukan batok kelapa yang digunakan SU untuk melakukan ritual. Warga sekitar mengaku, praktik yang dilakukan SU itu telah berlangsung lama dan meresahkan. Pasalnya, beberapa warga yang berobat ke kediaman SU mengaku kehilangan kesadaran setelah berobat.


Ritual Air dan Batok Kelapa

Warga sekitar mengatakan, batok kelapa itu dipakai dalam ritual sebagai persembahan kepada arwah penguasa Gunung Bawakaraeng. Air dari kelapa itu juga sering disuruh diminum pasien bila tidak sadar, setelah minum air kelapa maka kembali sadar diri. 

Baca Juga: Kakek dan Paman Bocah 6 Tahun yang Dicongkel Matanya Karena Pesugihan di Gowa Sulsel Terancam 10 Tahun Penjara

"Katanya air kelapa itu untuk arwah penasaran Gunung Bawakaraeng," kata seorang warga berinisial MU.

MU mengaku, orang tua AP sering datang ke kediaman dukun SU. MU kerap mendapati kedua orangtua AP dalam kondisi tak sadarkan diri di rumah sang dukun. SU lalu memberi minuman air kelapa sebagai persembahan kepada roh penguasa Gunung Bawakaraeng.

Baca Juga: Begini Ritual Dukun Pesugihan di Gowa Sulsel hingga Keluarga Tega Mencongkel Mata Bocah 6 Tahun

Polisi juga selidiki kematian kakak AP

Seperti diberitakan sebelumnya, kakak korban berinisial DS (22) meninggal sebelum terjadi pencongkelan mata oleh orang tuanya. DS tewas diduga menjadi korban ritual pesugihan orangtuanya.

Kematian DS itu pun membuat polisi melakukan penyelidikan lebih dalam. Dari hasil penyelidikan sementara, pihaknya mendapatkan informasi bahwa DS pernah dibawa ke dukun yang telah diamankan. Ia disebut-sebut dibawa untuk berobat kepada dukun itu. Diduga DS meninggal dunia setelah dicekoki air garam sebanyak dua liter.