Lagi! Pemancing Tangkap Ikan Aneh Mirip Kebab

Lagi! Pemancing Tangkap Ikan Aneh Mirip Kebab

Foto
Pemancing Tangkap Ikan Mirip Kebab (foto: Facebook MyFWC Florida Fish and Wildlife)

Baru-baru ini publik dihebohkan dengan sebuah foto memperlihatkan seorang pemancin menemukan seekor ikan dengan bentuk tubuhnya yang unik. Netizen yang melihat ikan yang memiliki tubuh lebar berwarna krem dan bintik oranye itu menganggap mirip seperti tortilla atau roti kebab.

Kini, foto yang diunggah oleh akun konservasi hewan Florida Fish and Wildlife Conservation Commission (FFWCC) sejak 27 Agustus lalu, kini telah menuai 4 ribu lebih like.

Baca Juga: Sosok Lengkap Pony, Orang Utan Kalimantan yang Jadi Budak Seks dan Dicukur Rambutnya

Ditemukan di Tampa Bay

Mengutip dari berbagai sumber, ikan mirip roti kebab itu ditangkap oleh pemancing lokal bernama Tom Bosworth pada 31 Maret 2021. Saat itu, Bosworth lagi memancing di perairan Tampa Bay bersama dua temannya.

Dengan bentuk yang unik, Bosworth pun tertarik untuk foto bersama sang ikan. Setelah berfoto, ia kemudian melepaskan ikan berukuran 55 cm itu kembali ke laut.

Dan ketika sampai dirumah, Bosworth masih penasaran dengan ikan mirip roti kebab yang ia tangkap. Bosworth pun mengirim fotonya melalui email ke FFWCC. Organisasi tersebut akhirnya berhasil mengungkap identitas sang ikan.

Baca Juga: Viral Pony, Orang Utan Jadi Budak Seks, Diperkosa dan Dibayar Rp 37 Ribu

Ikan spesies filefish orange

Menurut FFWCC, ikan mirip roti kebab yang ditangkap Bosworth merupakan spesies filefish oranye (Aluterus schoepfii). Bentuk ikan ini memang memberikan kesan unik bagi para pemancing. 

Ikan filefish oranye sendiri umumnya hadir dalam berbagai warna, mulai dari abu-abu zaitun, oranye, hingga warna putih. Bintik di tubuh hewan aneh umumnya didominasi warna terang, dengan pola beragam mulai dari yang sederhana hingga kompleks.

Habitat hidup ikan filefish oranye adalah padang lamun di Samudera Atlantik. Perlu diketahui, padang lamun ini merupakan sejenis padang rumput di bawah laut yang diisi alga dan vegetasi lainnya.

Menurut manajer koleksi ichthyology di FFWCC, ikan filefish oranye memiliki alat pertahanan rahasia. Ketika merasa terancam, ia menyelam ke celah atau lubang terdekat dan mengangkat duri punggungnya yang kaku — tonjolan tipis seperti antena di bagian atas kepala.

Tulang belakang ini membuat ikan filefish oranye dapat bersembunyi di lubang persembunyian sampai predatornya berlalu. Jika pemangsa mencoba memakannya, ikan filefish oranye dapat menggunakan duri di punggungnya itu untuk menjauhkan tubuhnya dari mulut pemangsa.

Baca Juga: Daftar Ikan Hias Populer di Tahun 2021, Berikut Gambarnya

Tidak cocok dikonsumsi

Bagi predator di bawah laut, ikan filefish oranye mungkin adalah mangsa yang enak—tetapi bagi manusia, justru sebaliknya. Dia juga menjelaskan bahwa ikan ini memiliki kulit yang keras dan kasar, serta tidak memiliki banyak daging.

Tak hanya enggak cocok buat dikonsumsi, ikan filefish oranye juga bisa berbahaya bagi manusia. Karena ikan ini memakan alga, mereka mengandung racun alga yang bisa bikin manusia sakit usai memakannya.