Wajib Tahu! Jangan Coba Konsumsi Minuman Ini Saat Konsumsi Obat-obatan

Wajib Tahu! Jangan Coba Konsumsi Minuman Ini Saat Konsumsi Obat-obatan

Foto
Ilustrasi Minum Obat (Sumber: Int)


Minum obat adalah cara yang sering dilakukan banyak orang untuk mengatasi berbagai penyakit yang muncul pada tubuh. Hampir semua orang yang sakit berharap bahwa obat-obatan yang ia konsumsi dapat meredakan gejala penyakitnya yang mengganggu.

Namun, ada beberapa makanan dan minuman yang bisa mencegah obat bekerja di dalam tubuh. Bahkan lebih buruknya lagi bisa menimbulkan efek samping berbahaya. Berikut inilah minuman yang wajib dihindari bila sedang mengonsumsi obat. 

Baca Juga: Ini Beberapa Bahaya Bagi Kesehatan Jika Makan Terlalu Terburu-buru

1. Susu

Jika kamu meminum antibiotik dan obat-obatan khusus osteoporosis, hindari meminum susu baik setelahnya maupun bersamaan. Kalsium yang terkandung dalam susu dapat mengganggu efek antibiotik, dan itu juga termasuk produk susu seperti keju dan yogurt.

Kalsium bisa mengganggu penyerapan obat ke dalam sistem tubuh, karena mengikat obat tersebut di usus dan mengurangi penyerapan. Dan juga obat-obatan seperti tetracycline, ciprofloxacin atau alendronate.

2. Kopi

Kopi seringkali disajikan selagi panas atau hangat. Setidaknya, kopi lebih enak dinikmati saat suhu 41-100 derajat fahrenheit. Kendati, perlu kamu pahami, jangan pernah minum kopi saat atau usai mengonsumsi obat-obatan.

Ini karena, suhu panas serta senyawa kuatnya mampu mengganggu interaksi obat tersebut. Dalam beberapa waktu, bahan kimia obat akan hancur begitu saja ketika bertemu cairan berkafein ini.

Baca Juga: Ini Manfaat Teh Oolong untuk Kesehatan dari Cegah Kanker Hingga Menjaga Kesehatan Jantung

3. Alkohol

Bukan rahasia lagi bahwa banyak jenis obat yang dikonsumsi bersamaan dengan alkohol memiliki risiko bahaya yang sangat tinggi. Hal ini disebabkan alkohol sangat berpengaruh pada hati, yang menjadi organ terbesar di dalam tubuh.

Apapun yang kita asup akan melewati hati, sementara alkohol bisa mengacaukan cara kerja tubuh. Sangat berbahaya apabila obat dicampur dengan alkohol, kadarnya akan meningkat di aliran darah. Tak sedikit kasus kematian ditemukan akibat pencampuran dua hal ini.

4. Minuman soda

Minuman ini memang tidak layak dikonsumsi terlalu sering. Kandungan karbonasi dan gula yang begitu tinggi membuat risiko inflamasi atau peradangan makin tinggi.

Melihat efek samping yang berbahaya, soda semacam cola dan sebagainya juga mampu merusak kerja obat dalam tubuh. Cairan satu ini dinilai mampu merusak pengaruh obat. Maka dari itu, sebaiknya berhenti minum soda selagi kamu sedang di bawah pengaruh obat.

Baca Juga: Arti Mimpi Terpapar Virus Mematikan Versi Terbaru, Pertanda Positif Bagi Kesehatan

5. Jus jeruk

Meski memiliki komposisi vitamin C, tapi beberapa penelitian setuju kalau jus jeruk tak sepatutnya ditenggak bila seseorang sedang aktif minum obat-obatan. Para peneliti menemukan, kandungan dalam jus jeruk berpotensi memengaruhi reaksi obat dalam tubuh. Mereka mampu mengganggu pelepasan obat yang sedang bekerja, efeknya sebanding dengan tylenol.

6. Minuman penambah energi

Minuman khusus penambah energi memang mendukung kekuatan tubuh. Namun, jika seseorang sedang dalam masa penyembuhan dan rutin minum obat, maka sepatutnya mereka menghindari minuman ini untuk sesaat. Pasalnya, kandungan minuman ini tak cukup baik dalam mendukung fungsi obat di tubuh.