Kisah Misteri Lungun, Hantu Petu Mati dari Dayak yang Mengincar Nyawa

Kisah Misteri Lungun, Hantu Petu Mati dari Dayak yang Mengincar Nyawa

Foto
Ilustrasi Peti Mati (Sumber: Int)


Indonesia dari dulu lekat sekali dengan yang namanya hal mistis. Oleh karenanya, jangan heran apabila ada banyak cerita seram yang beredar. Menariknya, seperti semua daerah di nusantara mempunyai kisah masing-masing. Ini terbukti dengan adanya hantu di masing-masing daerah yang ceritanya sudah turun temurun.

Salah satunya yakni sosok hantu lungun yang berasal dari mitologi suku Dayak, pasalnya hantu ini konon katanya berbentuk peti mati yang sama tidak memiliki tampilan menyeramkan. Dimana, banyak masyarakat yang meyakini bahwa sosok Lungun ini sangat berbahaya karena tidak segan-segan untuk mengejar nyawa seseorang.

Baca Juga: Cerita Mistis di SMK ST Mikael Karangasem, Konon Dihuni Hantu Potongan Tubuh dan Sering Mengganggu Siswa

Konon, hantu Lungun ini memang berbentuk peti mati seperti layaknya peti mati yang biasa digunakan untuk memakamkan jenazah, akan tetapi yang membuat Lungun ini berbahaya bukan sosok lain yang menggerakan peti ini, melainkan peti itulah yang konon katanya haus akan nyawa manusia. Sehingga sosok Lungun diyakini sebagai peti mati yang dikutuk dan akan memburu banyak nyawa manusia untuk mengendalikan kutukannya haus nyawa.

Baca Juga: Cerita Mistis dari Beberapa Lokasi di Kampus UI, dari Dicap Angker hingga Dihuni Hantu Usil

Dimana, hantu lungun ini biasanya akan keluar di malam hari dan keliling terbang melayang kadang setinggi orang dewasa bahkan juga bisa melayang setinggi pepohonan. Hantu ini akan melayang berkeliling mencari manusia yang masih berkeliaran dan mengejarnya, konon katanya kecepatan terbang Lungun ini bak seperti kendaraan bermotor sehingga manusia yang dikejarnya sudah pasti tertangkap.

Maka dari itu disarankan jika melihat sosok ini lebih baik jangan berlari lurus supaya ia kehilangan jejakmu. Jika seseorang tertangkap Lungun biasanya akan dimasukan ke dalam peti mati itu lalu dibawa dan tidak tau kemana hingga tak ada kabar.