Susah Tidur? Ini Beberapa Cara Agar Kamu Bisa Tidur Terlelap

Susah Tidur? Ini Beberapa Cara Agar Kamu Bisa Tidur Terlelap

Foto
Ilustrasi Insomnia (Sumber Foto: Pixabay)


Agar tubuh dan pikiran kembali rileks, salah satu hal yang sangat perlu dilakukan adalah istirahat yang cukup. Dan istirahat biasa dilakukan dengan tidur. Namun sayang, saat ini tidak banyak orang yang bisa dapatkan tidur nyenyak dan berkualitas.

Karena tidur yang tidak nyenyak inilah, bukan kesegaran tubuh dan pikiran rileks yang didapatkan, melainkan tubuh yang terasa semakin berat dan pikiran yang semakin galau. Agar Anda bisa mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas setiap malam, berikut inilah tipsnya:

1. Kenali dan Tetapkan Satu Jadwal Tidur

Langkah awal agar bisa tidur nyenyak secara teratur setiap hari adalah dengan mengenali dan menetapkan satu jadwal tidur. Ini perlu dilakukan agar waktu tidur memiliki ritme yang teratur sehingga jam biologis serta fungsi tubuh akan tersesuaikan dan berjalan lancar.

Baca Juga: Arti Mimpi Bertemu Tokoh Idola, Akan Mendapat Gangguan Kesehatan Bila orang dalam Mimpi itu Telah Meninggal

2. Lakukan Relaksasi Otot

Melemaskan otot sebelum tidur bisa jadi cara untuk membantumu cepat terlelap. Melemaskan otot ini bisa membantu melambatkan detak jantung dan membuat tubuh menjadi santai. Dalam kondisi tubuh dan pikiran yang lebih tenang, maka kamu bisa terlelap lebih cepat.


Baca Juga: Ini Beberapa Bahaya Bagi Kesehatan Jika Makan Terlalu Terburu-buru

3. Hilangkan Pikiran Buruk

Salah satu penyebab sulit tidur di malam hari adalah munculnya pikiran-pikiran buruk sebelum terlelap. Melemaskan pikiran dan membuat situasi yang menenangkan bisa membantu kamu terlelap lebih cepat.

Kamu bisa menata kamarmu dalam situasi yang kamu senangi atau memikirkan hal yang menyenangkan sebelum tertidur. Kamu juga bisa menuliskan hal yang kamu takuti di buku harian atau kertas untuk mengusir rasa cemas dan meningkatkan kualitas tidur.

Baca Juga: Ini Manfaat Teh Oolong untuk Kesehatan dari Cegah Kanker Hingga Menjaga Kesehatan Jantung

4. Konsumsi Magnesium

Melatonin merupakan hormon yang diperlukan untuk memastikan tidurmu tidak terganggu di malam hari. Kurangnya magnesium diketahui berhubungan dengan menurunnya melatonin di dalam tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi magnesium merupakan cara yang diperlukan agar kamu bisa terlelap dengan cepat di malam hari.

5. Rutin berolahraga

Tips berikutnya agar bisa tidur dengan nyenyak adalah dengan rutin berolahraga setiap harinya. Tidak perlu pergi ke gym atau lari marathon jarak jauh, cukup dengan melakukan olahraga-olahraga sederhana seperti berjalan kaki ke kantor bisa membantu mendapatkan tidur nyenyak.