Ini Alasan Twitter Setop Kasih Centang Biru ke Akun Pengguna

Ini Alasan Twitter Setop Kasih Centang Biru ke Akun Pengguna

Foto
Twitter Centang Biru (Sumber: Int)


Twitter menutup kembali pengajuan centang biru. Padahal, Twitter menerima banyak permintaan verifikasi akun, meski pengajuan baru dibuka lagi sekitar sepekan. Hal itu disampaikan langsung melalui sebuah kicauan di akun resmi Twitter Verified dengan hadle @verified.

Twitter mengabarkan bahwa pihaknya telah menerima banyak permintaan verifikasi akun, meski pengajuan baru dibuka lagi sekitar sepekan. Saat ini, Twitter tengah meninjau setiap permintaan centang biru yang telah diterima perusahaan.

"Sembari kami meninjau permintaan yang telah masuk, kami harus berhenti sejenak untuk menerima permintaan verifikasi akun untuk saat ini," kicau Twitter.

Tak ingin membuat pengguna lain yang belum sempat mengajukan permintaan verifikasi akun berkecil hati, Twitter berjanji akan kemabli membuka gelombang pendaftaran verifikasi akun ini dalam waktu dekat.

"Kami akan segera membuka kembali pengajuan! (kami janji)," tulis Twitter dalam kicauan yang sama.

Baca Juga: Akibat Pandemi, Pemain Games Mobile Legends Habiskan 24 Triliun Tiap Minggu

Alasan Penyetopan Centang Biru.

Adapun alasan penyetopan centang biru ini dilakukan karena pihak Twitter ingin mengubah proses ulasan akun, agar mereka tidak salah dalam memberikan lambang verified ini kepada akun-akun yang sebenarnya tidak berhak untuk mendapatkannya.

"Kami telah menghentikan sementara akses untuk program verifikasi sehingga kami bisa melakukan improvisasi terhadap proses pengaplikasian serta proses review. Untuk kalian yang sudah menunggu, kami tahu ini cukup mengecewakan," tulis pihak Twitter dalam tweet-nya.

Hal ini diambil setelah Twitter mengakui kesalahan memberikan centang biru kepada beberapa akun palsu, sehingga terjadi hambatan untuk melakukan verifikasi. Di sisi lain, proses penghentian ini menghambat bagi mereka yang telah mengajukan proses verifikasi.

Jika kamu baru saja mengajukan permohonan verifikasi, sebelum ada keputusan penghentian, maka proses akan dilanjutkan. Ada kemungkinan besar kamu akan mendapatkan centang biru.

Baca Juga: Limits, Fitur Baru di Instagram yang Bisa Batasi Komentar dan DM dari Akun Tak Dikenal, Ini Cara Menggunakannya

Belum Memberikan Penjelasan

Twitter belum memberikan penjelasan perubahan apa yang akan mereka lakukan, apakah itu pada syarat dan kriteria atau metode yang digunakan. Dikutip The Verge, seorang Juru Bicara Twitter, sedikit membocorkan proses verifikasi akan dibuka kembali dalam beberapa minggu ke depan. Proses penghentian verifikasi juga bukan pertama kalinya, Twitter pernah memutuskan untuk menghentikan memberi ikon centang biru pada tahun 2017 lalu.

Keuntungan mendapatkan centang biru dari Twitter sendiri adalah membantu orang-orang mengidentifikasi keaslian akun kamu. Sehingga, orang-orang di Twitter akan mengenal siapa lawan bicara mereka, sehingga mereka dapat menentukan kredibilitas orang tersebut, apakah itu sebagai artis atau influencer.