Akibat Pandemi, Pemain Games Mobile Legends Habiskan 24 Triliun Tiap Minggu

Akibat Pandemi, Pemain Games Mobile Legends Habiskan 24 Triliun Tiap Minggu

Foto
Bermain Game Mobile Legends ((Sumber Foto: Minew.id)


Akibat pandemi yang menyerang sejak tahun 2020 lalu, jumlah pemain game mobile di seluruh dunia saat ini terus meroket jumlahnya. Bahkan para pemain game mobile semakin rela menghabiskan uang mereka untuk membeli barang di dalam game (in-game item) favoritnya.

Berdasarkan laporan "2021 Mobile Gaming Tear Down" yang dirilis periset pasar aplikasi AppAnnie, pengguna Android dan iOS secara global menghabiskan 1,7 miliar dollar AS (sekitar Rp 24,4 triliun) per minggu untuk membeli in-game item. Angka transaksi in-app purchase tersebut diambil dari kebiasaan pengguna Android dan iOS secara global sepanjang enam bulan pertama pada 2021.

Bahkan angka menakjubkan tersebut merupakan peningkatan sebesar 24% dibandingkan tahun lalu, dan meningkat sebanyak 40% dari tahun 2019 di masa sebelum pandemi. Data tersebut dikumpulkan dari semua gamer mobile baik para pengguna iOS dan Android yang dirangkum dalam publikasi berjudul “2021 Mobile Gaming Tear Down“.

Baca Juga: Produser Hollywood Adi Shankar Akan Buat Games PUBG Jadi Film Animasi

Pendapatan Meningkat di Tahun 2021 Ini

Dimana, Gamer mobile bahkan disebut-sebut memiliki kecenderungan sebesar 50% untuk mengeluarkan uangnya ke dalam game daripada platform-platform game lainnya yang dikombinasikan. Berkat para pemain yang mau mengeluarkan uangnya setiap minggu tersebut, dilaporkan bahwa rata-rata sebanyak 810 game mobile mampu mencapai pendapatan $1 juta atau sekitar Rp14 miliar setiap bulannya dalam setengah tahun 2021 ini.

Baca Juga: Ini Video Games yang Punya Jalan Cerita Romantis, Bisa Kamu Mainkan

3 Game yang Memiliki Pendapatan Paling Tinggi

Baca Juga: Fakta Spotify Dukung Epic Games Lawan Apple, Praktik Tidak Adil

Bahkan menurut data tersebut menunjukkan bahwa ada 3 game yang memiliki pemain dengan tingkat konsumtif paling tinggi yakni Roblox, Genshin Impact, dan Honor of Kings (AOV). Dan yang cukup menakjubkan melihat Roblox yang dirilis sejak 2012 untuk iOS dan 2014 untuk Android.

Namun hal tersebut juga menunjukkan bahwa game dengan fitur cross-play seperti Roblox dan Genshin Impact memiliki pertumbuhan jangka panjang lebih baik. Hal tersebut dikarenakan pemain dapat melanjutkan progres mereka di berbagai perangkat sesuai keinginan.

App Annie juga menuliskan bahwa industri mobile gaming saat ini tengah melaju untuk menuju angka pendapatan sebesar $120 miliar pada akhir tahun 2021 ini. Berarti angka tersebut meningkat sebanyak 19% dari tahun lalu, dan 40% dari tahun 2019.