Resep dan Cara Lengkap Membuat Chawanmushi, Makanan Khas Jepang yang Mendadak Viral Akibat Menjadi Tantangan MasterChef Indonesia Season 8

Resep dan Cara Lengkap Membuat Chawanmushi, Makanan Khas Jepang yang Mendadak Viral Akibat Menjadi Tantangan MasterChef Indonesia Season 8

Foto
Ilustrasi Chawanmushi merupakan makanan khas Jepang yang viral di media sosial akibat menjadi tantangan Masterchef Indonesia Season 8. Foto: Pixabay

Chawanmushi yang merupakan makanan khas Jepang menjadi viral di media sosial saat menjadi tantangan Masterchef Indonesia Season 8. Tepatnya dijadikan tantangan pressure test. Berikut resep dan cara membuatnya.

Dalam tayangan Masterchef Indonesia Season 8 yang tayang pada Minggu 25 Juli 2021, Chef Juna menerangkan secara detail mengenai chawanmushi.

Menurut Chef Juna, makanan khas Jepang ini sebuah makanan yang dihidangkan dalam mangkuk dan terbuat dari campuran telur ayam dan kaldu ayam yang dikukus.

Baca Juga:  Olivia Tommy, Peserta Masterchef Indonesia Season 8 Ucapkan Salam Pisah Via TikTok

Selain itu, dalam chawanmushi juga terdapat jamur shiitake hingga daging ayam untuk menambah kenikmatan makanan khas Jepang yang bertekstur seperti creme brulle.

Soal resep chawanmushi sangat mudah didapatkan di berbagai tempat. Termasuk pasar tradisional. Begitu juga cara membuat makanan khas Jepang yang viral setelah menjadi tantangan Masterchef Indonesia Season 8 sangatlah mudah.  

Baca Juga:  Resep dan Cara Lengkap Membuat Pasta Saus Creamy, Tantangan Peserta Masterchef Indonesia Ala William Gozali

Resep chawanmushi

Bahan


2 butir telur

200 ml air dicampur 2 sdt kaldu ayam

1 sdt gula

2 sdt kecap manis

1 sdt garam 

2 buah jamur kancing yang sudah di potong tipis

2 buah udang yang sudah di rebus setengah matang

Cara membuat chawanmushi


1. Tuangkan butter dalam sebuah teflon panas untuk menumis jamur kancing dan masak hingga kecoklatan.

2. Kocok dua buah telur dan dicampur dengan air kaldu ayam dan kecap manis dan aduk hingga berbusa. Saring.

3. Siapakan steamer, sambil menunggu air di steamer mendidih dan siapkan gelas kecil, masukan udang ke dalam dasar gelas.

4. Tuang adonan telur secara perlahan hingga 3/4 bagian gelas. Setelah itu, masukan jamur ke dalam gelas. Lalu tutup bagian atas gelas menggunakan plastic wrap. Kukus 7 menit dan diamkan 3 menit.

Setelah itu angkat sebagai chawanmushi, makanan khas Jepang yang viral akibat jadi tantangan Masterchef Indonesia Season 8.