Viral Video Tutorial Cara Lengkap Membuat Alat Oksigen Sendiri, Hoaks Atau Fakta ?

Viral Video Tutorial Cara Lengkap Membuat Alat Oksigen Sendiri, Hoaks Atau Fakta ?

Foto
video tutorial membuat alat oksigen dipastikan hoaks. Foto: Kemkominfo

Media sosial dikagetkan dengan adanya sebuah video viral yang memperlihatkan tutorial cara membuat alat oksigen sendiri dengan harga yang sangat terjangkau. Yakni hanya menghabiskan uang sebanyak Rp 100 ribuan.

Tentu saja, tutorial lengkap membuat alat oksigen sendiri yang viral dan dibuat oleh seorang pria itu mengundang tanda tanya besar netizen. Mengingat, saat ini terjadi lonjakan kasus Covid-19 yang membutuhkan tabung oksigen yang semakin langka untuk meringankan gejala sesak napas. Antara hoaks atau fakta.

Tutorial membuat alat oksigen sendiri


Dalam video yang tengah viral di media sosial tersebut, terlihat seorang pria memperagakan secara rinci tutorial membuat alat oksigen sendiri dengan menggunakan aerator, yang merupakan sebuah pompa air yang menghasilkan gelembung dan lumrah digunakan dalam akuarium ikan hias.

Tidak hanya itu, terdapat juga dua buah botol bekas air mineral dan selang kecil yang biasa digunakan sebagai alat untuk membantu pernapasan seorang pasien Covid-19 dengan gejala sesak napas.

Baca Juga:  9 Potret Cantik Dita Karang, Idol K-Pop Asal Indonesia yang Jadi Penggemar Chrisye

Oleh pria yang diketahui bernama Ruben ini, botol bekas air mineral ini, disambungkan ke aerator melalui selang yang sudah dibuat sedemikian rupa menyerupai selang yang biasa digunakan sebagai alat bantu pernapasan.

Tidak lupa, botol bekas air mineral tersebut diisi dengan air agar dapat menciptakan gelembung yang diklaim seperti oksigen pada tabung oksigen.

Dilansir dari akun Instagram @warung_jurnalis, Senin 26 Juli 2021, Kapolsek Talaga, Polres Majalengka Ajun Komisaris Polisi Agus Romy, juga membuat alat oksigen sendiri. Di tengah kelangkaan oksigen.

Respon LIPI


Lembaga Ilmu Pengetahuan atau LIPI melalui Kepala Balai Pengembangan Instrumentasi Anto Tri Sugiarto memberikan respon mengenai adanya video tutorial membuat alat oksigen sendiri menggunakan aerator yang biasa digunakan untuk akuarium ikan hias.

"Aerator yang biasa digunakan untuk akuarium ikan hias tidak dapat menambah jumlah oksigen yang dihirup," ujarnya dalam sebuah keterangan.

Baca Juga:  Billy Syahputra Hadir dalam Pemakaman Ibunda Amanda Manopo

Dipastikan hoaks


Dilansir dari laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kemkominfo, Senin 26 Juli 2021, sebuah video tutorial membuat alat oksigen dipastikan hoaks berdasarkan hasil penelusuran yang dilakukan oleh tim Kemkominfo.