INFOGRAFIS: Seputar Ivermectin Sebagai Obat Terapi Covid-19

INFOGRAFIS: Seputar Ivermectin Sebagai Obat Terapi Covid-19

Foto
Ilustrasi obat Ivermectin

Ivermectin sebagai obat covid-19 kini tengah hangat menjadi perbincangan. Berikut pernyataan ahli dan anggota DPR RI. 

dr. Budhi Antariksa, Sp.P

dr. Budhi Antariksa, Sp.P, seorang dokter Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi (Paru) RSUP Persahabatan membagikan pengetahuannya seputar Ivermectin dan pengalamannya dalam menggunakan obat tersebut.


Menurutnya Ivermectin secara pengertian adalah sebuah obat untuk parasit. Namun demikian, menurutnya Ivermectin memiliki kemampuan untuk menghambat perkembangan virus dalam tubuh. Oleh sebab itu, dirinya mengungkapkan bahwa merujuk pada salah satu jurnal ilmiah obat Ivermectin memang sudah banyak digunakan oleh pasien yang terjangkit Virus Corona.


Dari hasil kajian jurnal yang dia baca ternyata terdapat fakta yang menarik.dalam beberapa jurnal menyebutkan bahwa obat Ivermectin memiliki dua manfaat. Pertama, obat Ivermectin memiliki manfaat sebagai obat terapi dari Covid-19. Kedua, Ivermectin ternyata memiliki manfaat sebagai pencegahan dari terpapar Virus Corona.

Anggota DPR RI Mukhtarudin

Ivermectin  telah dicoba oleh anggota DPR RI Mukhtaruddin.  Dirinya mengaku bahwa obat Ivermectin memang bagus untuk bantu pasien sembuh dari covid-19. Obat tersebut juga telah dikonsumsi oleh Mukhtarudin selama kurang lebih 5 hari saat dirawat di RS Abdi Waluyo.


Terkait ramainya pro kontra terkait Ivermectin, Mukhtarudin meminta masyarakat untuk menghormati keputusan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Selain itu, berdasarkan pengalamannya sebagai orang yang pernah terkonfirmasi covid, Ivermectin dinilai ampuh untuk pasien covid-19.