Adrian Zakhary: Penguatan Digitalisasi dan Kolaborasi Milenial Jadi Kunci Kemajuan Perkebunan Nusantara

Adrian Zakhary: Penguatan Digitalisasi dan Kolaborasi Milenial Jadi Kunci Kemajuan Perkebunan Nusantara

Foto
Adrian Zakhary Komisaris Independen PTPN VIII

Adrian Zakhary sebut penguatan digitalisasi di PTPN VIII terus digencarkan. Upaya tersebut juga dipadukan dengan kolaborasi di internal PTPN, hal ini menjadi kunci untuk kemajuan Perkebunan Nusantara.  

Optimis PTPN VIII jadi lebih baik

Komisaris Independen PT Perkebunan Nusantara VIII Adrian Zakhary optimis PTPN VIII ke depan akan jauh lebih baik. Hal tersebut mulai terlihat dari terus meningkatnya komoditas karet hingga teh. Salah satu produk unggulan PTPN yang dipasarkan luas, seperti Teh Walini pun mulai populer dan diminati masyarakat luas.

Baca juga: Adrian Zakhary Sebut Komoditas Karet hingga Teh Semakin Baik, Kebangkitan Perkebunan Nusantara  

"Kami optimis di 2021, kinerja PTPN VIII akan semakin meningkat. Selain dari bisnis inti seperti komoditas sawit, karet dan teh, capaian Industri Hilir Teh dengan produk Teh Walini, Goalpara dan Gunungmas memiliki kinerja positif dan kita harapkan bisa menjadi pilihan teh populer bagi masyarakat luas," kata Adrian Zakhary Kamis 1 Juli 2021

Penguatan Digitalisasi Perkebunan

Adrian beserta seluruh tim di PTPN VIII terus berinovasi mengikuti perkembangan zaman, salah satunya melakukan digitalisasi perkebunan. Menurut Adrian hal ini penting sebagai bahan analisa dan strategis pengembangan produk PTPN VIII.


"Penguatan Digitalisasi dari Hulu ke Hilir juga terus kami tekankan terhadap manajemen, adaptasi teknologi dari kebun, pabrik hingga pemasaran ke arah Digitalisasi Perkebunan terus mengalami peningkatan, sehingga ke depan Big Data Perkebunan ini bisa digunakan secara lebih optimal," tuturnya.

Baca juga: Erick Thohir Jadi Pemimpin Baru di Masa Pandemi Covid-19 

Kolaborasi jadi kunci

Selain itu, Adrian juga melihat penting kerja sama tim. Hal tersebut menurutnya bisa terjadi jika terjadi kolaborasi yang produktif di internal PTPN VIII. Menurutnya kolaborasi antara generasi milenial dengan para senior di PTPN VIII adalah kunci untuk membawa PTPN VIII lebih baik.

"Kolaborasi antara Milenial bersama generasi senior menjadi kunci yang mendorong kemajuan Perkebunan Nusantara di semua lini. Di tahun 2020, banyak inovasi dari Milenial yang tercipta dari kolaborasi dan sinergi di lingkungan PTPN, dan berhasil membuat banyak perubahan yang positif," ucapnya.