Gaya Unik Blusukan Jokowi, dari Walikota hingga Presiden

Gaya Unik Blusukan Jokowi, dari Walikota hingga Presiden

Ahmad Diponegoro
2021-06-28 22:23:16
Gaya Unik Blusukan Jokowi, dari Walikota hingga Presiden
Presiden Jokowi. Foto: Instagram/jokowi

Presiden Jokowi mempunyai gaya blusukan yang unik saat menjabat sebagai Walikota Solo 2005-2010 dan 2010-2012, kemudian menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta mulai dari 2012 hingga 2014, dan kini menjadi Presiden RI di periode keduanya.

Tentu saja, gaya unik blusukan Jokowi ini juga ditiru oleh anaknya Gibran Rakabuming Raka dalam Pilkada Solo 2020 lalu.

Gaya blusukan Jokowi saat jadi Walikota Solo


Presiden Jokowi yang memiliki nama asli Joko Widodo yang kini berusia 60 tahun tersebut mempunyai gaya unik untuk lebih dekat dengan masyarakat yang dipimpinnya. Cara tersebut adalah blusukan.

Baca Juga:  Ini Momen Kaget Erick Thohir Saat Bertemu Warga Desa Gunung Sugih Lampung

Saat menjabat sebagai Walikota Solo tahun 2005-2010 dan 2010-2012, Jokowi mempunyai cara yang berbeda dengan para politikus lainnya, terutama yang menjadi pejabat daerah.

Saat berpasangan FX Hadi Rudyatmo sebagai Wakil Walikota Solo ini dinilai mampu merubah wajah Kota Solo menjadi lebih baik.

Berkat gaya blusukan unik seorang Jokowi yang merupakan alumni Universitas Gadjah Mada yang juga mendengarkan aspirasi rakyat. 

Salah satunya, berhasil menata para pedagang kaki lima atau PKL dari Monumen '45 Banjarsari ke Pasar Klithikan dengan sukarela dan tanpa adanya perlawanan. Selain itu, Jokowi juga mampu merubah wajah transportasi Kota Solo.

Gaya blusukan Jokowi saat jadi Gubernur DKI Jakarta


Gaya blusukan Jokowi berlanjut saat menjadi seorang Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2012 hingga 2014 dan berpasangan dengan Basuki Tjahja Purnama atau Ahok ini berlanjut.

Dalam setiap kali blusukan, Jokowi ingin melihat keadaan masyarakat dan mendengarkan semua aspirasi masyarakat serta berusaha mencari jalan keluar terbaik.

Beberapa prestasi yang telah berhasil ditorehkan seorang Jokowi selama menjadi Gubernur DKI Jakarta diantara, Kartu Jakarta Sehat, Kartu Jakarta Pintar, Kampung Deret, dan beberapa perbaikan saluran air sebagai pencegah bencana banjir hingga sterilisasi busway dan berkontribusi dalam proyek MRT.

Gaya blusukan Jokowi saat jadi Presiden


Kebiasaan blusukan ayah kandung Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka kembali berlangsung saat menjadi seorang Presiden bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla pada tahun 2014 hingga 2019.

Sebagai seorang Presiden, Joko Widodo melakukan blusukan ke berbagai daerah dan mendengarkan semua aspirasi masyarakat.

Baca Juga:  Jokowi: Vaksin Sinovac Bisa Untuk Anak Usia 12-17 Tahun.

Hasilnya, berbagai prestasi yang telah dilakukan oleh seoorang Jokowi. Seperti, Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat, perbaikan pos perbatasan, peremajaan dan pembangunan bandara, pelabuhan, waduk yang sangat berguna bagi pembangunan daerah dan kemajuan Indonesia menuju arah lebih baik.

Tidak hanya itu, Jokowi juga berperan mengenalkan Indonesia kepada dunia. Hal ini terbukti, banyaknya investor yang mau berinvestasi di Indonesia.

Saat ini, Jokowi kembali menjadi seorang Presiden RI berpasangan dengan Ma'ruf Amin sebagai Wakil Presiden yang menang dalam Pilpres 2019. 


Share :