Politisi PAN Eko Patrio Sebut Erick Thohir Pantas Maju jadi Capres 2024

Politisi PAN Eko Patrio Sebut Erick Thohir Pantas Maju jadi Capres 2024

Foto
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir (foto: beritasatu.com)

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional (DPW PAN) DKI Jakarta Eko Hendro Purnomo kerap dipanggil Eko Patrio sebut Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir pantas maju jadi calon presiden (Capres) di pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Hal ini diketahui lewat sebuah video yang beredar luas di media sosial dan WhatsApp Grup. Dalam video yang berdurasi 2 menit 34 detik itu, terlihat Eko Patrio dan Denny Cagur sedang menjadi pembawa acara di sebuah acara di Lampung pada (19/06/2021) lalu. 

Baca Juga: Merpati Airlines Mati Suri, Masuk Radar BUMN yang Dibubarkan Erick Thohir

Pada kesempatan itu, Eko Patrio terlihat sedang menggoda Erick Thohir yang sedang duduk bersamaan dengan Ketua PAN Zulkifli Hasan untuk maju menjadi Capres 2024 mendatang.

Beredarnya video itu, Eko Patrio pun langsung memberikan penjelasan lebih dalam. Dia mengatakan Erick akan menjadi sosok baru dari keberadaan sosok-sosok yang digadang-gadang menjadi capres selama ini.

"Pak Erick ini mampu memecah kebuntuan yang calon presidennya itu lagi-itu lagi. Pak Erick pantaslah diajukan jadi capres, karena beliau masih muda, pengusaha sukses, figur yang mumpuni, itu dari eksternal partai," kata Eko kepada wartawan, Rabu (23/6).

Untuk dari internal partai yang cocok jadi Capres 2024, Eko menyebut nama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan serta Ketua Dewan Kehormatan PAN Soetrisno Bachir. Dirinya juga mengatakan akan siap sebagai tim sukses.

"Kalau di internal PAN, ada Pak Zul dan Mas Soetrisno Bachir. Bila diminta oleh mereka sebagai tim sukses, tidak ada kata menolak, malah sebuah penghargaan buat saya," lanjut Eko.

Baca Juga: Menteri BUMN Erick Thohir Sebut Holding UMi Bisa Jadi Solusi Masalah Usaha Mikro

Terkait video beredar, Eko Patrio pun mengaku banyak melihat tanggapan dan komentar yang positif untuk mendukung Erick Thohir dengan Zulkifli Hasan ikut berkompetisi dalam Pilpres 2024 mendatang.

"Kalau melihat tanggapan dan komenter-kementar yang ada, sebagian besar sambutannya positif.  Banyak sekali dukungan untuk  Pak Erick dan Pak Zul agar ikut berkompetisi dalam Pilpres 2024 nanti," ucapnya. 

Diamati dalam video beredar itu, Eko Patrio juga terlihat berbicara soal nama-nama para pemimpin Indonesia dari Soekarno hingga Joko Widodo (Jokowi) yang merupakan presiden saat ini. Menurutnya, ada kesamaan ejaan nama dari para pemimpin bangsa 

"Calon presiden atau wakil presiden itu diprediksi namanya harus ada O-nya. Soeharto, ada O-nya, Soekarno. Minimal ada O, kalau nggak ada, huruf vokalnya dobel. Kalau nggak I-nya dua, O-nya dua," ujar Eko Patrio. 

"Joko Widodo, O-nya banyak. Erick Thohir. Denny Cagur nggak ada. Minimal I-nya dobel. Habibie, I-nya dua kan. Megawati, jangan salah, Megawati Soekarnoputri. Zulkifli Hasan, I-nya dua. Kita doain kalau Pak Zulkifli Hasan jadi, eaaa," lanjutnya.

Dalam video itu juga terlihat Erick Thohir memberikan respons dari godaan Eko Patro itu. Erick mengatakan Eko Patrio tengah membanggakan diri sendiri. 

"Ada yang ngangkat, sebenarnya ngangkat dirinya sendiri, Eko Patrio," ujar pengusaha sukses itu sambil tertawa. 

"Minimal jadi wapresnya Bapak. Ya kalau nggak jadi wapres, tim sukses Bapak lah," jawab Eko Patrio lagi. 

Baca Juga: Dukung Ekonomi Pedesaan, Menteri BUMN Erick Thohir Kunjungi Pabrik Olahan Tiwul di Lampung

Sedangkan Zulkifli Hasan menyatakan bahwa dirinya dan Erick Thohir sama-sama orang Lampung. Dirinya juga mengaku bahwa dirinya yang mengajak Erick ke Lampung.

"Saya ajak Pak Erick ketemu masyarakat. Kalau saya kan sudah agak sering. Masyarakat Lampung pasti bangga punya Menteri BUMN asli orang Lampung, bisa bertemu langsung," ujar Zulhas.