THE NEXT JOKOWI

THE NEXT JOKOWI

Foto
Adrian Zakhary Bersama Presiden Joko Widodo

Jokowi berkomitmen untuk menaati konstitusi yaitu hanya menjadi Presiden Republik Indonesia selama 2 periode. Artinya Presiden Jokowi akan berhenti pada 2024 dan meletakkan jabatan sebagai Presiden kepada penggantinya, yang entah siapa itu. Sehingga isu 3 periode sudah tidak menjadi relevan dengan adanya beberapa pernyataan Presiden Jokowi yang menolak 3 periode. Titik.

Keberhasilan Presiden Jokowi, tak bisa dipandang sebelah mata. Revolusi terhadap sistem pemerintahan yang biasanya "asal bos senang" menjadi sistem yang transparan dengan penerapan berbagai program electronic government atau e-government, pembangunan infrastruktur seperti tol trans Jawa dari ujung barat Pulau Jawa di Merak hingga ujung timur Pulau Jawa di Probolinggo, jalan tol trans Sumatera yang diperkirakan rampung pada 2024 dan akan menghubungkan Lampung hingga Aceh sepanjang 2704 Kilometer, belum lagi transportasi perkotaan seperti MRT dan LRT, serta Kereta Cepat Jakarta Bandung yang direncakanan selesai akhir 2022. 

Baca juga: Adrian Zakhary Sebut Sikap Adaptif Adalah Kunci Survive di Era Teknologi Informasi

Selain itu, pada era Presiden Jokowi lah ibukota ditetapkan untuk Pindah secara bertahap ke Kalimantan Timur. Ah, masih banyak rasanya jika berbicara prestasi Presiden Ketujuh Republik ini, ya beliau memang memiliki moto "Kerja, Kerja, Kerja" dan wajar kalau prestasinya sangat banyak. Namun ya terlepas dari itu, ada juga sejumlah kebijakan kontroversial yang "terpaksa" diambil dengan tujuan untuk membawa perubahan Indonesia ke arah yang lebih baik dan menyongsong Indonesia Maju. Seperti Omnibuslaw yang ditentang banyak pihak, atau revisi UU KPK yang menjadi momok legacy pemerintahan saat ini.

THE NEXT JOKOWI sudah sangat nyata di depan mata. Sosok pengganti Presiden Jokowi, harus lah lebih baik dan bisa membawa Indonesia menjadi negara maju. Istilahnya Jokowi sudah membawa Indonesia menuju gerbangnya, tinggal presiden baru akan meneruskan perjalanan ini, melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan Jokowi.

Ada 3 (tiga) L yang harus dipegang oleh THE NEXT JOKOWI, yaitu: LEGACY, LEADERSHIP, and LOVE. LEGACY dari Presiden Jokowi tentu harus dijaga dan dilanjutkan dengan program yang lebih baik, keberhasilan Presiden Jokowi selama memimpin Indonesia harus dilanjutkan oleh penerusnya. LEADERSHIP; Jokowi Adalah Kita, ya manusia biasa, warga biasa yang bisa menjadi Presiden Republik Indonesia, Jokowi membuka mata kita bahwa rakyat biasa bisa menjadi pemimpin yang berkualitas. 

Baca juga: Adrian Zakhary Sebut Banyak Keuntungan dari Digital Marketing

Kepemimpinan Jokowi jelas; TEGAS, KONKRIT, EMPATI, RISK-TAKER, INOVATIF, KREATIF dan yang paling penting, beliau BEKERJA UNTUK RAKYAT. Bagi Jokowi, jabatan Presiden adalah Amanah Rakyat. Terakhir LOVE yang merupakan ejawantah dari sifat welas asih, cinta beliau jelas untuk Indonesia. Rasa cinta ini juga yang menjadi kekuatan Jokowi selama memimpin sebagai Presiden. Bagaimana rasa cinta yang ia tunjukkan kepada istri, anak-anak dan cutu-cucunya, lalu kepada keluarga besar, teman-teman, sahabat, para tokoh nasional dan senior, dan masyarakat luas.

Siapa sosok THE NEXT JOKOWI? bisa jadi yang ada di TOP 10 Survei Calon Presiden yang sedang hangat-hangatnya, atau bisa juga masih belum ada (muncul). Apakah di 2024 langsung menemukan "The 'REAL' Next Jokowi"? atau hanya "Pengganti Jokowi". Ya, harapan saya bisa langsung ada sosok itu, namun jika belum, ya harap bersabar. Era Kepemimpinan Generasi Milenial dan Gen Z masih akan berlanjut kok... Hehe... Tenang aja. Bisa jadi di 2024, 2029 atau…


Penulis
Adrian Zakhary
Komisaris Independen PTPN VIII