Adrian Zakhary Sebut Banyak Keuntungan dari Digital Marketing

Adrian Zakhary Sebut Banyak Keuntungan dari Digital Marketing

Foto
Adrian Zakhary Komisaris Independen PTPN VIII

Adrian Zakhary menyebut bahwa banyak keuntungan yang bisa didapat dari model digital marketing. Menurutnya hal fundamental dari toko online atau digital adalah data yang didapat dan bisa diolah untuk kepentingan usaha. 

Himpunan Mahasiswa Teknologi Pangan, (HIMATIPAN) Universitas Padjadjaran (Unpad) gelar webinar dengan tema Start And Step Up Your Business Through Digital Marketing. Acara digelar pada sabtu 17 April 2021. 


Dalam acara tersebut hadir dua pembicara diantaranya Adrian Zakhary Komisaris Independen PTPN VIII, dan Angga Nugraha (GM Operational Big Store, Co-founder CRP Group, and CEO Warunk Upnormal). Keduanya menyampaikan seputar bisnis di era digital. 

Baca juga: Adrian Zakhary Sebut Alumni Kalangan Milenial Aktif Berperan Besarkan IKA UNPAD

Adrian Zakhary tampil dengan membawakan materi tentang Digital Marketing. Ada beberapa poin penting yang dipaparkan Adrian selengkapnya berikut correcto.id rangkum untuk Anda. 

1. Data jadi modal penting 

Di awal pemaparan Adrian menjelaskan hal penting yang membedakan antara toko fisik dan toko online atau digital. Hal fundamental yang membedakan keduanya adalah masalah dokumentasi dan pengolahan data barang dan konsumen. Menurut Adrian ini menjadi hal penting untuk melihat prilaku pasar dan pola pemasaran lewat analisa dan olah data yang hal tersebut tidak mungkin dilakukan di toko fisik.  


"Beberapa hal yang tadi saya singgung pertama adalah masalah data. Di toko fisik datanya relatif lebih susah kita olah kembali, tetapi di toko online hal-hal tersebut (data) akan menjadi sebuah keharusan. (di toko online) Kita akan dapat datanya, tahu beritahu apa orang yang berkunjung, tahu barang apa saja yang banyak dilihat, tapi kalau di toko fisik, kita tidak tahu," tutur Adrian Zakhary Komisaris Independen PTPN VIII Sabtu 17 April 2021. 

2. Online Bisa lakukan Komunikasi dua arah

Adrian menerangkan bahwa salah satu keuntungan dari digital atau toko online adalah adanya ruang untuk berkomunikasi dua arah. Dari sisi pembeli bisa memberi masukan dan kritik, dari sisi penjual juga menanggapi dan kemudian diolah menjadi satu data penting terkait prilaku konsumen. 

"Kita ingat prinsipnya, yang namanya online atau digital itu selalu ada komunikasi dua arah. Sejak internet itu 2.0 itu semua serba dua arah. Jadi kalau saya bingung saya bisa tanya ke admin, tanya ke penjual tokonya, saya bisa rekomendasikan ke orang lain, kalau saya tidak suka maka saya bisa tulis bahwa barang ini kurang bagus. Tapi kalau di toko fisik memberi komentar (negatif/ kritik) tidak mungkin)," terang Adrian.

Baca juga: Ekspor 176 Ton Teh ke Amerika Serikat, Adrian Zakhary Sebut PTPN Tunjukkan Kualitas Tingkat Dunia


3. Mudah dijangkau dan terukur

Keuntungan lain dari digital atau toko online adalah konsumen bisa menjangkau banyak barang dan banyak toko hanya dengan membuka handphone. Hal ini menjadi pembeda penting dari toko fisik dan kelebihan tersendiri dari toko online karena lebih bisa memudahkan konsumen. Selanjutnya adalah bawa toko online data bisa terukur. Adrian menjelaskan bahwa dengan digital data konsumen hingga prilakunya bisa dilihat dan terukur. Ini adalah modal penting di era saat ini. 

"Di dalam handphone ini kita bisa dapatkan semua toko. Kita juga berjualan tanpa ruangan bahkan, kita tidak perlu punya toko fisik kita sudah bisa jualan. Lalu terukur dari sisi datanya tadi. Data itu hal yang penting di zaman saat ini.," jelasnya.