Hasil Survei SMRC Mengatakan Ganjar Pranowo Berpeluang Menang Tanpa PDIP

Hasil Survei SMRC Mengatakan Ganjar Pranowo Berpeluang Menang Tanpa PDIP

Ekel Suranta Sembiring
2021-06-13 22:46:51
Hasil Survei SMRC Mengatakan Ganjar Pranowo Berpeluang Menang Tanpa PDIP
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (foto: YouTube Ganjar Pranowo)

Baru baru ini Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) melakukan survei terkait sosok yang akan berpeluang menang sebagai calon presiden (Capres) di pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang. 

Menurut hasil survei yang diumumkan pada Minggu (13/6), Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dinilai masih berpeluang menang sebagai calon presiden tanpa dukungan PDIP.

Baca Juga: Prabowo Subianto Beberkan Fakta Lengkap Anggaran 1700 Triliun untuk Alpalhankam di Podcast Deddy Corbuzier

Manajer Program SMRC, Saidiman Ahmad menjelaskan survei dilakukan melalui wawancara terhadap 1.220 responden berusia 17 tahun ke atas di seluruh Indonesia pada 21-28 Mei 2021 lalu.

Survei dengan margin of error penelitian 3,05 persen itu telah menjajaki survei dengan skenario Ganjar maju sebagai capres, tanpa melibatkan dukungan dari simpatisan PDIP.

Selain itu, skenario atau simulasi itu mensyaratkan pemilih mengenal tiga nama capres. Selain Ganjar, ada nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Hasilnya, Ganjar unggul dibanding kedua nama lainnya. Ganjar mendapat suara 35,3 persen, Prabowo 30,8 persen, dan Anies 25,5 persen.

Baca Juga: Deddy Corbuzier Tanya Prabowo Siap Maju Pilpres 2024, Ini Fakta Lengkapnya

Skenario itu dilakukan menyusul gonjang ganjing di internal PDI-Perjuangan, terkait kemungkinan Ganjar berpeluang tak diusung partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri tersebut.

Menurut Saidiman, dalam prahara itu, PDIP konon lebih memilih memasangkan Puan Maharani dan Prabowo Subianto dari Gerindra untuk pemilihan presiden 2024. Di sisi lain, sejumlah partai seperti PKS dan Nasdem disebut-sebut akan mencalonkan Anies Baswedan.

"Santer terdengar bahwa PDIP dan Gerindra mungkin sekali akan memajukan nama pasangan Prabowo Subianto dan Puan Maharani dalam kontestasi kepresidenan 2024," kata dia.

Namun, kata Saidiman, hasil surveinya menyebut Ganjar tetap berpeluang menang tanpa PDIP. Dukungan Ganjar datang dari partai lain seperti dari PKB (68 persen), Demokrat (40 persen), partai non-parlemen (46 persen), dan yang menyatakan "belum tahu" memilih partai mana (31 persen).

Baca Juga: Prabowo Subianto Akui Bisa Tidur Sambil Jalan, Deddy Corbuzier: Gimana Ceritanya?

Selain itu, Ganjar, katanya, juga mendapat suara lebih baik dari pemilih Nasdem dibandingkan Anies. Sekitar 27 persen pemilih Nasdem menyatakan mendukung Ganjar, dan hanya 21 persen yang menyatakan mendukung Anies.

"Dengan demikian terlihat bahwa peluang Ganjar masih tetap besar kalaupun tidak dipilih sebagai calon oleh PDIP," kata dia.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24