Cerita Mistis di Gunung Peyek Bogor, dari Mata Air Penyembuh Penyakit hingga Goa Tempat Kerajaan Gaib

Cerita Mistis di Gunung Peyek Bogor, dari Mata Air Penyembuh Penyakit hingga Goa Tempat Kerajaan Gaib

Foto
Goa Segara Kahuripan di Gunung Peyek Bogor (foto: Kaskus)

Gunung Peyek yang berada di Kecamatan Parung, Bogor, Jawa Barat selain tempat wisata cukup seru, ternyata memiliki cerita mistis. Konon, di Gunung Peyek ini ada mata air dipercaya dapat menyembukan penyakit dan sebuah goa dipercaya lokasi kerajaan gaib.

Penampakan gunung peyek sekilas terlihat seperti bukit ini juga memiliki mitos yang tidak memperbolehkan siapapun membawa atau mengambil sesuatu dari gunung ini tanpa izin, jika melanggar maka ia akan terkena bala.

Baca Juga: Cerita Mistis Rumah Sakit Kristen Tayu di Pati, Dihuni Hantu Suster Meringis Sering Memperlihatkan Diri

Gunung peyek terletak di pinggiran Kota Bogor dan dikelilingi pemandangan yang asri, masyarakat sekitar menganggap bahwa gunung ini keramat. Bahkan dahulu para orangtua melarang para anak-anaknya untuk bermain di kawasan ini tanpa adanya pengawasan.

Dulunya pernah ada seseorang yang mencoba mengambil karang dari gunung peyek ini, lalu sesampainya di rumah orang tersebut tak sadarkan diri, ia bisa sembuh setelah dibawa kembali ke gunung peyek dan mengembalikan karang yang ia ambil sebelumnya.

Di Gunung Peyek terdapat 3 kolam mata air yang konon katanya dapat menyembuhkan segala macam penyakit baik medis maupun non-medis. Menurut penuturan penjaga kawasan gunung peyek ini, dulu pernah ada seseorang yang terkena gangguan jiwa atau tiba-tiba saja kehilangan akal sehatnya.

Baca Juga: Viral Video Dua Orang Pria Temukan Benda Santet Berisi Foto, Nama, hingga Jeruk Purut di Labura

Setelah beberapa kali berendam di kolam ini, orang tersebut perlahan mendapat kesembuhan. Tentunya kamu tahu tentang tradisi melempar koin ke sebuah kolam untuk meminta sebuah permintaan, ternyata tradisi tersebut juga berlaku di kolam mata air segara ini. Uniknya tradisi ini bukan baru-baru saja terjadi melainkan sejak ratusan tahun lalu.

Tidak hanya itu, di Gunung Peyek juga terdapat sebuah goa bernama Goa Segara Kahuripan. Goa ini dipercaya masyarakat bahwa terdapat bangunan istana kasat mata tepat di depan goa segara, adapula sosok penunggu area ini yang dipercaya memiliki wujud kepala manusia berbadan ular.

Di area pucuk Gunung Peyek, ada sebuah batu atau karang berbentuk mengerucut, orang dulu menyebutnya seperti tempat untuk mengukus. Oleh karena itu gunung ini juga dikenal dengan nama gunung kukusan. 

Baca Juga: Kisah Mistis Gunung Abbo di Sulsel Lokasi Eva Hilang Setelah Buang Air Kecil

Meski puncak kukusan terkenal angker, adapula sebagian orang berkunjung pada malam hari hanya untuk menyepi, mereka percaya biasanya akan mendapat ketenangan atau petunjuk mengenai suatu hal.

Hal itu pula yang dirasakan oleh sang penjaga kawasan ini saat sedang menyepi di puncak gunung, ia sering kali mendapat petunjuk atau bisikan untuk tetap menjaga kawasan gunung peyek ini.