Fakta-fakta El Salvador Gunakan Bitcoin Sebagai Alat Pembayaran yang Sah, Demi Pembangunan Ekonomi

Fakta-fakta El Salvador Gunakan Bitcoin Sebagai Alat Pembayaran yang Sah, Demi Pembangunan Ekonomi

Foto
Ilustrasi Bitcoin. Foto: Pixabay

El Salvador resmi menjadi satu-satunya negara yang menggunakan bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Berikut fakta-faktanya.

Keputusan tersebut disampaikan berdasarkan pengajuan sebuah proposal yang disampaikan oleh Presiden El Salvador, Nayib Bukele yang mengatakan, penggunaan bitcoin sebagai alat pembayaran sah El Salvador ini demi pembangunan ekonomi negara yang berada di Amerika Tengah itu.

Disetujui oleh Peserta Kongres

Proposal yang diajukan oleh Presiden El Salvador yang menjadikan bitcoin sebagai alat pembayaran sah tersebut, disetujui oleh peserta kongres yang berjumlah 62 dari 84 orang.

Baca Juga: Istri Menkumham Yasonna Laoly, Elisye W Ketaren Meninggal Dunia

Fakta menarik dari penggunaan bitcoin sebagai alat pembayaran sah El Salvador adalah, menempatkan bitcoin hampir sejajar dengan dollar AS yang sudah menjadi alat pembayaran yang sah di negara yang beribu kota di San Salvador. 

Tidak Dibatasi Penggunaanya

Presiden Nayib Bukale mengatakan, dalam menggunakan bitcoin sebagai alat pembayaran sah di negaranya itu tidak dibatasi penggunaannya dan tak terbatas oleh badan pemerintahan atau swasta.

Mendongkrak Aset Kripto

Tentu saja, dengan digunakannya bitcoin sebagai alat pembayaran sah di El Salvador mendongkrak aset kripto ke level 37.049 dollar AS.

Belum Dijelaskan

Sayangnya, pemerintahan El Salvador hingga kini belum menjelaskan bagaimana mekanisme dari penggunaan bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah.

Baca Juga:  Fakta-fakta Wacana Pemberian Dosis Ketiga Vaksin Sinovac, Tingkatkan Antibodi hingga Perlu Data Ilmiah

Fakta penggunaan bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah El Salvador adalah, sekitar 70 persen masyarakat tidak memiliki akses ke jasa keuangan tradisional.

Demi Pembangunan Ekonomi

Salah satu alasan terbesar Presiden El Salvador Nayib Bukele menggunakan bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah adalah demi pembangunan ekonomi negara dan membantu masyarakat untuk mengirim uang.