Arti Sebenarnya Mitos Bintitan, Salah Satunya Dipercaya Suka Ngintip Orang Mandi

Arti Sebenarnya Mitos Bintitan, Salah Satunya Dipercaya Suka Ngintip Orang Mandi

Foto
Ilustrasi Bintitan (Istimewa)


Bintitan atau dalam istilah medis disebut hordeolum adalah pembengkakan yang terjadi di kelopak mata akibat infeksi. Selain bengkak, bintitan bikin kelopak mata memerah dan terasa pedih. Malah bisa muncul kotoran mata di sekitar kelopak mata.

Namun, bagi masyarakat Indonesia sudah tak asing lagi dengan hal itu, bahkan muncul mitos soal penyebab bintitan, yakni karena ngintip orang mandi.

Baca Juga: Arti Sebenarnya Mitos Kedutan Mata Kiri, Benarkah Sebuah Pertanda baik

Berikut Ini Beberapa Artian Penyebab Bintitan.

1. Bukan kerena Ngintip Orang Mandi

Sebenarnya penyebab terjadinya bintitan yakni bukan karena ngintip orang mandi, melainkan karena ada beberapa faktor yakni disebabkan bakteri Staphylococcus aureus. Staphylococcus aureus sebenarnya tidaklah berbahaya, namun jika terperangkap di kelenjar kelopak mata, bisa menimbulkan infeksi.

Baca Juga: Mitos dan Trik Cegah Kehamilan yang Jarang Orang Tahu

2. Bintitan Tidak Menular

Jika seorang terkena bintitan, sering populer, jika seseorang sakit mata, jangan pandangin orang tersebut karena bisa menular. Namun, sebenarnya Bintitan itu tidak menular.

Jika menular, hal itu karena tangan kamu bersentuhan dengan orang yang matanya bintitan. Jika, dia menyentuh matanya yang bintitan terus belum cuci tangan dan langsung salaman sama kamu. Pasalnya, bintitan ini terjadi akibat infeksi. Bakteri Staphylococcus aureus bisa ikutan terbawa di tangannya kalau tidakk cuci tangan dulu.

Baca Juga: Mitos dan Fakta Seputar Amandel, Salah Satunya Penting Bagi Tubuh

3. Mengobati Bintitan Tidak Lama

Umumnya memang bintitan akan bisa sembuh dalam waktu 1–2 minggu, walaupun tidak diobati. Namun, jika kamu ingin sembuh lebih cepat, kamu melakukan perawatan dengan rutin.