Fakta-fakta Lengkap Roket Raksasa China Long March, Dikabarkan Akan Jatuh ke Bumi pada Akhir Pekan Ini

Fakta-fakta Lengkap Roket Raksasa China Long March, Dikabarkan Akan Jatuh ke Bumi pada Akhir Pekan Ini

Foto
Roket Raksasa China Akan Jatuh Bebas ke Bumi (Foto:Dok.Ju Zhenhua/Xinhua via AP)

Fakta roket raksasa China Long March, yang mengangkut modul utama dari stasiun antariksa China ke dalam orbit diperkirakan akan jatuh ke Bumi pada akhir pekan ini, demikian dilaporkan oleh kantor berita Associated Press (AP).

Roket setinggi 30 meter dan berat 22 ton ini digunakan untuk mengirimkan modul inti stasiun luar angkasa China pada pekan lalu.

Meski ukurannya sangat besar, analis memperkirakan serpihan roket ini akan jatuh di lautan sehingga tidak membahayakan penduduk Bumi.

Baca Juga: Mendag Minta Maaf Soal Jokowi Promosikan Bipang Ambawang untuk Kuliner Lebaran

Berikut fakta-fakta lengkap roket raksasa China Long March, yang dikabarkan akan jauh ke bumi dirangkum correcto.id dari berbagai sumber:

1. Roket Long March 5B akan jatuh ke bumi


Badan Antariksa China masih harus memberitahukan apakah bagian roket dari roket raksasa Long March 5B ini terkendali atau akan jatuh ke bumi tanpa kendali.

Mei lalu, sebuah roket China lainnya jatuh tanpa kendali ke Samudra Atlantik di lepas pantai Afrika Barat.

Rincian dari bagian roket ini dan kintasannya tidak diketahui karena pemerintah China belum secara publik memberitahukan jadwal re-entry atau masuk ke atmosfer Bumi.

2. Roket raksasa China di Prediksi Hancur di Atmosfer


Harian Global Times, yang diterbitkan oleh Partai Komunis China mengatakan, tubuh roket yang terbuat dari aluminium tipis ini akan secara mudah terbakar ketika masuk ke atmosfer, sehingga tidak membahayakan untuk orang di Bumi.

Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) menduga tubuh roket ini akan jatuh ke Bumi pada Sabtu 8 Mei.

“Di mana jatuhnya tidak bisa dipastikan sampai beberapa jam sebelum re-entry atau sebelum masuk ke atmosfer Bumi,” kata Pentagon

3. Pesawat tanpa awak


Ini adalah pesawat luar angkasa prototipe tanpa awak. Roet ini dirancang untuk membawa modul stasiun luar angkasa ke orbit.

Roket ini mampu mengangkut hingga 22 ton di orbit rendah Bumi.

Baca Juga: Penjelasan Jubir Presiden Soal Bipang Ambawang yang Dipromosikan Jokowi Juga Dikecam Netizen

4. Dibekali Dengan Sistem Navigasi Modern


Roket Long March-5B dilengkapi dengan teknologi bimbingan arah, navigasi dan kontrol yang berarti lintasannya dapat disesuaikan terus menerus. Akan tetapi, kenyataannya ia jatuh secara liar dan mengancam banyak nyawa manusia.