Respons Kapolda Papua Terkait Salah Satu Anggota Teroris KKB Balik ke NKRI

Respons Kapolda Papua Terkait Salah Satu Anggota Teroris KKB Balik ke NKRI

Foto
Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri (foto: Tribun News)

Seorang pria bernama Alek Hamberi yang sempat bergabung dengan teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua kini balik mendukung Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri merespons dan mengucapkan terima kasih.

Alek mendeklarasikan kembali ke NKRI pada 4 Mei 2021 kemarin. Irjen Mathius menyebut Alek sempat terhasut hingga memilih bergabung dengan KKB.

Baca Juga: Ngeri! Seorang Bocah Nekat Ledakkan Petasan di Mulut, ini Videonya

"Alek Hamberi adalah warga NKRI yang telah terhasut NRFPB, sehingga kita harap setelah yang bersangkutan kembali ke NKRI bisa hidup tenteram," beber Mathius, Jumat (7/5/2021).

Lebih jauh jenderal polisi bintang dua ini menyambut baik langkah Alek yang meninggalkan KKB. Dia juga berharap banyak anggota KKB lainnya yang mengikuti jejak Alek.

Baca Juga: Kisah Kocak Wagiman Nekat Mudik dari Jakarta dan Akhirnya Dikarantina Akibat Dilapor Istri

"Saya mengucapkan terima kasih banyak atas upaya kerjasama semua instansi terkait, banyak masyarakat yang menyatakan kembali ke NKRI," kata Mathius.

Di Papua sendiri, Mathius menyebut banyak organisasi yang menjadi KKB. Jika organisasi tersebut terendus pihaknya, dia memastikan akan menindak tegas organisasi tersebut.

Baca Juga: Video Pasutri Gigih Bekerja Meski Diguyur Hujan Viral, Netizen Banyak Merasa Terharu

"Banyak organisasi-organisasi selain NRFPB seperti KNPB, ULMWP dan lainnya yang tentu satu tujuan yaitu Papua Merdeka," kata Mathius.

"Organisasi-organisasi seperti itu sudah jelas melanggar hukum, sehingga jika muncul gerakan tambahan akan langsung kami tindak tegas," pungkasnya.