Biografi dan Profil Lengkap Umur Satria Duta Cahaya, Pecatur Cilik Kalahkan Levy Rozman di Chess.com

Biografi dan Profil Lengkap Umur Satria Duta Cahaya, Pecatur Cilik Kalahkan Levy Rozman di Chess.com

Foto
Biografi dan Profil Lengkap Umur Satria Duta Cahaya

Biografi dan profil lengkap umur Satria Duta Cahaya tengah mencuri perhatian publik. Satria adalah pecatur cilik Kalahkan Levy Rozman di Chess.com. 

Penasaran dengan sosoknya? Berikut correcto.id sajikan untuk Anda biografi dan profil lengkap umur Satria Duta Cahaya. 

Baca juga: Fakta-fakta Satria Duta Cahaya, Pecatur Cilik yang Kalahkan GothamChess dalam Waktu 3 Menit

Biografi Satria Duta Cahaya


Satria Duta Cahaya merupakan putra dari suami istri bernama Aar Sumardiono dan Lala Mira Julia. Kini umur Satria Duta Cahaya adalah 12 tahun, sebab dirinya lahir pada 17 Juli 2008. 

Alasan suka olahraga catur


Awal cerita Satria tertarik dengan catur adalah karena diajak main catur oleh temannya di Semarang. Satria mengaku saat itu dirinya diajari cara bermain catur oleh temannya tersebut dan mencoba bermain untuk pertama kalinya. 

Sejak saat itu dirinya mulai tertarik dengan olahraga asah otak tersebut dan terus menekuninya. Alasan Stria suka dengan catur adalah karena dirinya menjadi lebih pintar saat sedang bermain catur. 

Hobi Bermain basket


Selain catur yang lekat dengan olahraga otak, ternyata Satria juga suka bermain basket dan tergabung dalam salah satu tim. Dalam akun Instagram milik sang ayah @aarsumardiono terlihat Satria kerap bermain dan bertanding basket bersama rekan satu timnya. 

Profil Satria Duta Cahaya


Sebagai seorang pecatur cilik profil Satria Duta Cahaya cukup membanggakan. Sejak usia dini Satria sudah mengikuti dan menjuarai berbagai perlombaan di level nasional. 

Untuk level Internasional ajang pertama yang pernah diikutinya adalah Kejuaraan Catur Junior Asia pada tahun 2019 atau dikenal dengan Asian Junior Chess Chempionship (AJCC) di Solo pada tahun 2019. 

Baca juga: Jessica Iskandar Beberkan Kronologi Pertama Kali Bertemu dengan Nobu, Berawal dari Project di Jepang

Melihat bakat sang anak di olahraga catur orang tua Satria pun memberi dukungan penuh. Satria mulai diajak Aar sang ayah ke salah satu club catu di Jakarta dan mulai diperkenalkan kepada KONI DKI Jakarta. 

Kalahkan Levy Rozman di Chess.com


Untuk mengasah kemampuan catur Satria, Aar sang ayah memasukan putranya tersebut ke Sekolah Catur bernama SCUA yang dilatih langsung oleh International Master Anjas Novita. 

Selain itu, Satria juga kerap mengulik strategi dan mengasah permainan caturnya secara mandiri lewat platform catur digital Chess.com. Disinilah dirinya bertemu dengan Levy Rozman dengan nama akun GothamChess, seorang International Master yang cukup terkenal di dunia catur Internasional. Di Chess.com Satrua Duta berhasil mengalahkan Levy Rozman hanya dalam waktu 3 menit.