Deretan Tanaman Hias Beracun yang Harus Dijauhkan dari Jangkauan Balita

Deretan Tanaman Hias Beracun yang Harus Dijauhkan dari Jangkauan Balita

Foto
Azalea (foto: hgic.clemson.edu)

Belakangan ini tanaman hias terlihat begitu populer untuk mempercantik rumah, bahkan dimanfaatkan untuk menghilangkan kebosanan dimasa pandemi ini.

Beberapa tanaman hias tak hanya berfungsi sebagai dekorasi rumah, tapi memiliki ragam manfaat di dalamnya. Namun sederet tanaman hias juga bisa berbahaya untuk anak-anak, serta hewan peliharaan.

Sejumlah tanaman hias dianggap beracun jika tak sengaja dimakan si kecil. Bahkan beberapa tanaman hias beracun bisa berbahaya kalau dipegang balita.

Berikut berbagai tanaman hias beracun yang harus dijauhkan dari jangkauan balita:

1. Philodendron

(foto: (foto: SHUTTERSTOCK))

Salah satu tanaman hias beracun yang perlu dijauhi dari balita adalah philodendron. Tanaman hias philodendron digemari karena bentuk daunnya yang unik dan paling mudah dirawat. 

Meski demikian, kamu perlu berhati-hati karena tanaman hias ini beracun. Jika tidak sengaja dikonsumsi anak bisa menyebabkan gejala buruk meski tidak fatal.

Ketika anak tak sengaja menelan daun philodendron dapat menyebabkan iritasi pada kulit, mual, bengkak pada mulut, muntah, hingga diare. Jadi jauhi tanaman hias beracun ini dari anak-anak!

Baca Juga: Berbagai Tanaman Hias Dapat Membuat Ruangan Rumah Harum, Salah Satunya Sweet Alyssum

2. English Ivy

(foto: amazon.com)

English Ivy termasuk salah satu tanaman hias yang tren di 2021. English Ivy disukai karena bentuknya yang cantik dan cocok untuk menghiasi pagar atau dinding luar rumah. Sayangnya termasuk tanaman hias beracun.

Jika tak sengaja dikonsumsi maka tanaman beracun tersebut bisa mengiritasi mulut dan menyebabkan nyeri. Dalam jumlah banyak dapat menyebabkan pembengkakan di bagian bawah tenggorokan.

3. Bunga Lily

(foto: Pixabay.com)

Jika punya balita di rumah sebaiknya pertimbangkan kembali untuk merawat tanaman hias bunga lily sebagai dekorasi.

Bunga lily memang indah, tapi termasuk tanaman hias beracun. Bunga lily bisa mengiritasi mulut dan tenggorokan bahkan menyebabkan mual hingga muntah jika tertelan.

Baca Juga: Daftar Tanaman Hias Cocok Diletak di Dapur, Buat Kamu Terasa Nyaman

4. Bunga Bakung

(foto: kutanam.com)

Selain jenis lily, bunga bakung ternyata juga termasuk tanaman hias beracun. Bunga berbentuk terompet ini mungkin tampak polos tapi bisa membuat si kecil sakit. 

Meskipun tidak terlalu beracun, bunga bakung bisa membahayakan jika tertelan dalam jumlah banyak. Mungkin bisa mengiritasi mulut, tenggorokan, mual, muntah, hingga menyebabkan diare.

5. Keladi

(foto: cnbcindonesia.com)

Tanaman hias keladi memang dikenal beracun. Tanaman hias yang populer dengan nama kuping gajah itu sebaiknya dijauhkan dari jangkauan anak-anak. 

Jika anak tak sengaja memasukkannya ke dalam mulut maka bisa mengiritasi selaput lendir di mulut, hidung, hingga tenggorokan. Tak hanya itu, tanaman hias beracun ini dapat menyebabkan mual dan muntah.

Baca Juga: Berbagai Tanaman Hias Ampuh Hilangkan Bau Tak Sedap, Bikin Terasa Nyaman saat di Rumah

6. Azalea

(foto: hgic.clemson.edu)

Tanaman hias azalea banyak disukai karena warnanya. Meski demikian, azalea termasuk tanaman hias beracun. Kecil kemungkinan anak kamu mengalami keracunan serius jika tak sengaja menelan sedikit saja. 

Akan tetapi, kalau menelan tanaman beracun ini dalam jumlah banyak bisa sangat berbahaya. Anak yang menelan azalea dalam jumlah banyak baik itu bunga, daun, atau nektar dapat mengancam nyawa.



Tag :

Tanaman HiasTanaman Hias BeracunTanaman Hias Berbahaya Bagi BalitaDaftar Tanaman Hias Beracun

Artikel Terkait :

  • Yonathan Renden dan Oktovianus Rayo, Sosok Dua Guru yang Tewas Ditembak KKB di Beoga Papua

  • Reshuffle Sebelum Lebaran, Relawan: Ada Lima Menteri yang Layak Diganti

  • Daftar Artis Pria yang Pernah Dicium Kiky Saputri, Ariel Noah hingga Deddy Corbuzier

  • Detik-detik YouTuber Ria Ricis Jatuh saat Berkuda, Sampai Terjungkal


  • Share to: