11 Jenis Tanaman Hias Bunga Gelombang Cinta Cantik dan Indah

11 Jenis Tanaman Hias Bunga Gelombang Cinta Cantik dan Indah

Ekel Suranta Sembiring
2021-03-02 18:11:35
11 Jenis Tanaman Hias Bunga Gelombang Cinta Cantik dan Indah
Anthurium Scherzerianum (foto: Wikipedia)

Tanaman Gelombang Cinta merupakan tanaman hias tropis yang mempunyai daya tarik tinggi sebagai tanaman hias dalam ruangan, sebab bentuk daun dan bunganya yang indah. Gelombang Cinta merupakan salah satu jenis tanaman Anthurium.

Di masa lalu, anthurium banyak menjadi hiasan taman dan istana kerajaan-kerajaan di Jawa karena keindahan tanaman ini.

Berikut Correcto.id akan mengulas 11 bunga gelombang cinta yang cantik dan indah:

1. Anthurium Scherzerianum

(foto: Wikipedia)

Anthurium Scherzerianum merupakan jenis tanaman hias bunga gelombang cinta yang mempunyai daun dengan ukuran besar yang indah.

Daun besar pada anthurium jenis ini memiliki bentuk tombak yang pada bagian ujungnya meruncing pada satu titik.

Tanaman hias ini memiliki bunga berwarna merah dengan gagangnya yang berwarna merah muda dan memberikan kesan indah serta mempesona.

Untuk warna sendiri anthurium ini memiliki beberapa variasi, khususnya di daerah tropis yakni mulai dari warna krem, merah, oranye, atau hijau.

Baca Juga: Deretan Jenis-jenis Tanaman Hias Puring yang Sedang naik Daun

2. Anthurium Andraeanum

(Wikipedia)

Anthurium Andraeanum merupakan jenis tanaman hias gelombang cinta yang berasal dari Kolombia dan Ekuador.

Bunga Anthurium ini memenangkan Royal Horticultural Society’s Award od Garden Merit dan salah satu tanaman yang terdaftar di NASA Clean Air Study.

Nama lain dari tanaman hias ini adalah bunga flamingo (flamingo flower), bunga ekor (tailflower), palet pelukis (painter’s palette) dan laceleaf.

Anthurium jenis ini lebih menyukai dan cocok untuk hidup dan tumbuh di lingkungan dengan iklim yang hangat, teduh, dan juga lembab seperti habitat aslinya di hutan hujan tropis.

3. Anthurium Veitchii

(foto: almost.green)

Anthurium Veitchii merupakan jenis bunga gelombang cinta yang berasal dan merupakan endemik asli dari Kolombia serta terkenal dengan sebutan King Anthurium.

Daun pada anthurium jenis ini adalah alasan utama atau daya tarik utama dari tanaman tropis yang disukai oleh banyak orang ini.

Daunnya yang berwarna hijau tua dengan kilau mekanik dan urat daunnya yang mempesona membuatnya terlihat sangat indah.

Jika membeli tanaman ini ketika masih muda atau kecil, maka akan diperlukan waktu yang cukup lama untuk dapat mencapai ukuran yang paling optimalnya.

Pastikan untuk menempatkannya di tempat dengan suhu berkisar antara 15.5 – 26.5 derajat celcius dan pastikan juga untuk hindari penempatan di ruang ber-AC.

4. Anthurium Clarinervium


(foto: Tokopedia)

Anthurium clarinervium merupakan jenis bunga gelombang cinta yang memiliki daun berwarna hijau tua dengan pola urat daun hijau muda yang mempesona.

Ciri lainnya dari tanaman hias ini adalah daunnya yang memiliki tingkan kekakuan yang tebal layaknya karton dengan tekstur suede.

Jika ingin merawatnya di rumah, pastikan untuk menempatkannya di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Pastikan juga ditempatkan di tempat dengan suhu berkisar antara 20 – 27 derajat celcius. Tanaman ini tidak bisa di tempat dengan suhu di bawah 13 derajat celcius.

5. Anthurium Bintang Kejora

(foto: Tokopedia)

Bunga gelombang cinta dengan bentuk daun yang sedikit kehitaman disertai warna tangkai yang juga berwarna kehitaman.

Jenis bunga ini tergolong cukup mahal loh! Namun kini keberadaan bunga gelombang cinta hampir sepi peminat. Bunga yang dulunya dapat dihargai hingga miliaran rupiah/ pot, kini terjun bebas di pasaran tanaman hias.

Hal ini dikarenakan mudahnya proses mengembangbiakkan bungatersebut, sehingga banyak orang yang tak perlu susah-susah membelinya pada kolektor.

Meskipun terpuruk, di beberapa tempat bunga gelombang cinta ini masih banyak dicari walau tak seramai dulu.

Beberapa kolektor bahkan meyakini jika suatu saat gelombang cinta akan booming lagi seperti sedia kala.

Baca Juga: Perhatian! 6 Tanaman Hias ini Tidak Perlu Dibeli, ini Alasannya

6. Anthurium Keris

(foto: Bukalapak)

Dinamakan keris, karena memang daunnya yang berbentuk panjang bergelombang hampir menyerupai bentuk keris.

Terbagi menjadi anthurium keris hitam, anthurium keris merah, dan anthurium tangkai merah.

Dari pangkal sampai ujung daun memiliki bentuk lekukan yang teratur dan secara keseluruhannya benar-benar terlihat menyerupai keris.

Ukurannya dari daunnya sendiri terbilang cukup bervariasi, cukup tebal dan ukurannya bisa panjang sampai 2,5 meter.

7. Anthurium Hookeri

(foto: Tokopedia)

Tergolong ke dalam jenis bunga gelombang cinta yang cukup mahal, hookeri memliki ciri khas yaitu seluruh bagian tubunya berwarna hijau bercampur kehitaman.

Unik dibandingkan jenis bunga gelombang cinta lainnya.

Namun, warna unik tersebut baru akan terlihat pada saat bunga ini memasuki usia remaja dimana daun yang dimilikinya berjumlah 12 helai.

Tanaman anthurium hookeri bisa dikatakan mempunyai ciri yang unik yang diantaranya adalah ruasnya yang pedek dan akarnya yang padat.

Ciri lainnya adalah tanaman gelombang cinta jenis hookeri ini memiliki tangkai daun yang terlihat berbentuk segitiga.

8. Anthurium Corong

(foto: gardener.id)

Sesuai dengan namanya, bunga ini memiliki daun seperti membentuk corong. Sebagian masyarakat lokal menyebutnya dengan bunga gelombang cinta corong bibir merah.

Daun anthurium jenis corong ini melekuk ke bawah dengan pangkalnya menekuk ke atas layaknya corong pada saat masih dalam bentuk bibit.

Setelah tumbuh dewasa, daun bunga gelombang cinta ini akan berubah bentuk menjadi lebih lebih keriting dengan gelombang pada bagian tepi daun.

9. Anthurium Jemani

(foto: Lazada)

Pertumbuhan bunga belombang cinta jenis jemani ini terbilang cukup lambat. Dengan bentuk daun yang tebal, Anthurium jemani terlihat lebih kokoh dan kompak dibandingkan jenis lainnya. Karena tampilannya yang terlihat tebal dan kokoh ini membuatnya Nampak eksotis dan juga elegan.

Bunga gelombang cinta jemani dewasa yang dianggap bisa sebagai calon induk bisa memiliki ukuran tinggi sekitar 40 -50 cm. Sedangkan yang sudah menjadi indukan akan memiliki ukuran yang berkisar mulai dari 80 – 90 cm.

Baca Juga: Jenis-jenis Bunga Kembang Sepatu Cantik dan Menawan

10. Anthurium Superbum

(foto: kandangpring-sigit.blogspot.com)

Habitat asli superbum adalah hutan-hutan yang berada di dataran rendah dan lembab di daerah subtropis dan tropis.

Dari kabar yang beredar nih gengs, wujud asli dari bunga gelombang cinta yang satu ini sudah jarang sekali ditemukan di habitat aslinya karena sudah banyak diambil untuk dijual maupun dibudidayakan secara luas di tempat lain.

Tanaman jenis superbum berasal dari jauh di dalam hutan yang ada di Ekuador dan termasuk jenis tanaman tropis yang bisa dibilang sehat serta sakar tanaman yang bagus.

Tingkat kecepatan tumbuh dan warna daunnya bisa dikatakan cukup bervariasi karena bergantung dengan jenis tanah, sinar matahari, suhu lingkungan, atau faktor lainnya.

11. Anthurium Crystallinum

(foto: plantophiles.com)

Jenis bunga gelombang cinta yang satu ini aslinya tumbuh di hutan Margin, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Memiliki bentuk daun oval disertai urat-urat putih serta bunga berwarna spathes hujau dan hijau pucat.

Untuk memelihara bunga ini kamu tak perlu khawatir, crystallinum memiliki daya tahan tinggi mampu tumbuh pada suhu minimal hingga 16°C.

Jenis gelombang cinta yang pernah memenangkan Royal Horticultural Society’s Award of Golden Merit ini dapat tumbuh dengan ukuran mencapai 90 cm.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24