Deretan Jenis-jenis Tanaman Hias Puring yang Sedang naik Daun

Deretan Jenis-jenis Tanaman Hias Puring yang Sedang naik Daun

Ekel Suranta Sembiring
2021-03-02 17:03:10
Deretan Jenis-jenis Tanaman Hias Puring yang Sedang naik Daun
Puring Empiring (foto: thegorbalsla.com)

Puring, puding atau kroton (Codiaeum variegatum) adalah tanaman hias pekarangan populer berbentuk perdu dengan bentuk dan warna daun yang sangat bervariasi. Beragam kultivar telah dikembangkan dengan variasi warna dari hijau, kuning, jingga, merah, ungu, serta campurannya.

Dianjurkan untuk menanam tanaman ini di halaman atau pekarangan rumah. Selain dapat mempercantik, tanaman ini juga berguna untuk mengurangi polusi udara di sekitar lingkungan rumahmu.

Langsung saja, Berikut beberapa jenis dari tanaman puring:

1. Eleanor Roosevelt

(foto: epicgardening.com)

Di tahun 1920-an Henry Coppinger membuat sebuah persilangan puring dimana hasilnya adalah Eleanor Roosevelt. Tidak seperti kebanyakan puring, jenis ini memiliki daun yang ramping dan panjang.

Ungu hingga hijau adalah warna dasar daunnya dengan warna kuning emas sebagai coraknya.

Baca Juga: Perhatian! 6 Tanaman Hias ini Tidak Perlu Dibeli, ini Alasannya

2. Puring Dasi

(foto: Tokpedia)

Puring dasi memiliki bentuk daun yang cantik mirip dengan bentuk dari dasi kupu-kupu. Ada daun yang berukuran panjang dan ada juga yang pendek.

Pada umumnya, puring dasi memiliki warna daun perpaduan antara kuning, hijau dan merah. Di pasaran dapat kamu temui puring dasi dengan harga terendah mulai dari Rp 30.000.

Salah satu jenis tanaman puring dasi yang paling populer adalah jenis tanaman puring dasi jojon merah. Puring dasi jojon merah memiliki daun yang lebar dengan warna daun merah cerah.

3. Puring Anggur


(foto: Lazada)

Salah satu jenis tanaman puring yang jarang ditemukan adalah tanaman puring anggur. Yang menjadi keunikan tanaman puring ini adalah ada corak batik di bagian tengah daunnya.

Jenis tanaman puring ini memiliki daun berbentuk oval dan lebar. Perpaduan warna daun pada jenis tanaman puring anggur sangat cantik yaitu warna merah, coklat, hijau dan kuning.

Tanaman puring anggur ini sangat cocok dijadikan tanaman hias untuk menghias pekarangan rumah atau mempercantik sudut suatu ruangan dalam rumah. Puring anggur ditaksir mulai dari harga Rp 15.000.

Baca Juga: Jenis-jenis Bunga Kembang Sepatu Cantik dan Menawan

4.  Puring Apel


(foto: Lazada)

Tanaman puring ini dinamakan puring apel karena memiliki warna daun yang mirip dengan warna apel. Daun dari tanaman puring apel memiliki warna dari perpaduan warna hijau, kuning dan merah.

Puring apel mempunyai bentuk daun yang lebar dan bulat. Beberapa jenis tanaman puring apel antara lain puring apel biasa, puring apel merah Thailand, puring apel warna-warni, puring apel Washington dan puring apel hijau.

Harga dari tanaman puring apel biasa Rp 75.000 namun ada pula yang dijual pada harga terendah yaitu Rp 20.000.

Sedangkan untuk jenis puring apel merah thailand seharga Rp 200.000. Yang paling mahal adalah jenis tanaman puring apel warna-warni yang mencapai Rp 350.000

5. Croton Petra

(foto: homedepot.com)

Jenis ini merupakan puring asli dari kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Tingginya bisa mencapai 1,5 hingga 2,5 meter. Warna daunnya bisa merah burgundi, kuning, oranye, hijau, dan perunggu dan tentunya lebar.

Bisa ditanam di luar maupun di dalam ruangan dengan cahaya matahari yang cukup. Temperatur yang cocok untuk jenis ini adalah 60 hingga 80.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias Kekinian dan Paling Unik di 2021, Salah Satunya Kaktus Ekor Monyet

6. Puring Empiring

(foto: thegorbalsla.com)

Daun puring emping berbentuk bulat oval dengan bagian ujung daunnya yang lancip. Warna daun dari tanaman puring ini merupakan kombinasi dari warna hijau dan kuning yang akan memberikan kesan segar dan cerah.

Di pasaran puring empiring ditaksir mulai dari harga Rp 5.000. Dibandingkan dengan jenis tanaman puring yang lain, tanaman puring emping dijual dengan harga yang sangat terjangkau yaitu hanya Rp 20.000.

7. Puring Kura-Kura

(foto: Tokopedia)

Tanaman puring jenis ini memiliki daun dengan corak seperti corak cangkang kura-kura. Warna daun puring kura-kura perpaduan antara warna hijau, kuning, dan merah.

Tanaman puring ini termasuk ke dalam tanaman puring dengan harga yang cukup mahal. Harga tanaman puring kura-kura mulai dari Rp 25.000 – Rp 100.000.

8. Puring Debu Emas

(foto: herba.bf-1.com)

Daun dari tanaman kroton ini berwarna hijau gelap dengan bintik-bintik kuning emas yang tersebar di seluruh daun. Perawatannya mudah karena tumbuhan hijau ini gampang dibudidayakan dengan tinggi 1 hingga 2 meter.

Meskipun begitu mereka tumbuh secara lambat sehingga tak perlu khawatir akan memenuhi pekarangan kalian.

Tinggal tanam dan tunggu mereka tumbuh. Bisa ditanam didalam ruangan maupun diluar ruangan.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24