Fakta-fakta Terkini Gunung Sinabung Erupsi, Luncurkan Awan Panas 13 Kali Mulai Bergerak ke Aceh

Fakta-fakta Terkini Gunung Sinabung Erupsi, Luncurkan Awan Panas 13 Kali Mulai Bergerak ke Aceh

Foto
Fakta-fakta terkini Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo kembali erupsi, luncurkan awan panas sebanyak 13 kali mulai bergerak ke Aceh (Foto: Tangkapan video Instagram)

Fakta-fakta terkini Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo kembali erupsi, luncurkan awan panas sebanyak 13 kali mulai bergerak ke Aceh.

Pasalnya, Gunung Sinabung kembali meningkat dengan mengeluarkan awan panas guguran sejauh 4.500 meter dan tinggi kolom abu sejauh 5.000 meter. 

Berikut fakta-fakta terkini Gunung Sinabung erupsi:

1. Luncurkan awan panas sebanyak 13 kali

Gunung Sinabung kembali erupsi disertai dengan luncuran awan panas sebanyak 13 kali dengan jarak 2.000-5000 meter ke arah Tenggara-Timur. 


Baca Juga: Kondisi Terkini Gunung Sinabung yang Erupsi Lagi, Semburkan Abu Vulkanik 4.200 Meter

2. Bergerak ke Aceh

Erupsi Gunung Sinabung sudah bergerak ke Aceh. Hal itu perkiraan dari Badan Meteorologi, klimatologi dan Geofisika (BMKG). Oleh karena itu, BMKG mengimbau agar mayarakat bisa membatasi kegiatan di luar rumah dan tetap menggunakan masker.


Baca Juga: Waduh, Gunung Sinabung Erupsi Lagi, Kelima dalam Hari Ini

3. Imbauan PVMBG tetap waspada

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG) Nia Haerani menjelaskan bahwa aktivitas Gunung Sinabung saat ini sudah menurun. 

Meski demikian, ada potensi bahaya yang harus diwaspadai. Kemungkinan kembali terjadi erupsi eksplosif, guguran awan panas, batuan  maupun lava pijar.



Tag :

gunung sinabunggunung sinabung erupsipvmbgfakta-fakta terkinierupsi gunung sinabunggunung sinabung kabupaten karokondisi terkini gunung sinabunggunung sinabung luncurkan awan panas

Artikel Terkait :

  • Fakta-fakta Anak Rizki DA-Nadya Mustika yang Lahir di Bulan Ramadan

  • Tips Simpan Kurma Kering dan Kurma Basah Supaya Awet

  • Selulit Cuma untuk Wanita, Mitos atau Fakta?

  • Mitos dan Fakta Seputar Amandel, Salah Satunya Penting Bagi Tubuh


  • Share to: