Fakta Penyebab Banjir di Semarang, Cuaca Ekstrem 50 Tahun Sekali hingga Tingginya Pasang Air Laut

Fakta Penyebab Banjir di Semarang, Cuaca Ekstrem 50 Tahun Sekali hingga Tingginya Pasang Air Laut

Ahmad Diponegoro
2021-02-07 10:03:04
Fakta Penyebab Banjir di Semarang, Cuaca Ekstrem 50 Tahun Sekali hingga Tingginya Pasang Air Laut
Fakta penyebab banjir di Semarang. Mulai dari cuaca ekstrem 50 tahun sekali hingga tingginya pasang air laut. Foto: Instagram

Fakta penyebab banjir di Semarang. Mulai dari cuaca ekstrem 50 tahun sekali hingga tingginya pasang air laut.

Penyebab banjir di Semarang terutama di Kota Lama Semarang ini dikatakan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimoeljono. 

Menteri PUPR Basuki juga dalam hal ini menambahkan, cuaca ekstrem 50 tahun sekali tersebut berdasarkan hitungan hidrologi yang mengacu pada periode ulangnya setiap 50 tahun sekali.

Baca Juga: Fakta Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani hingga Stasiun Tawang Lumpuh Akibat Banjir Menggenangi Semarang

Ditambah, kata Basuki Hadimoeljono, Kota Lama Semarang juga sudah siap menghadapi banjir. Hal ini disebabkan oleh revitalisasi yang didesain anti banjir telah selesai.

Peran Pompa Air

Basuki Hadimoeljono yang merupakan Menteri PUPR yang telah menjabat sejak 2014 ini mengatakan, peran pompa air dalam mengatasi banjir di kawasan Kota Lama Semarang ini sudah memompa air menuju kali Semarang.

Lumpuhkan Tranportasi Publik

Akibat banjir yang menggenang Semarang hingga ketinggian 70 cm ini, melumpuhkan transportasi publik. terutama di Stasiun Tawang.

Baca Juga: Keadaan Terkini Bendungan Katulampa Berstatus Siaga 3, Warga DKI Jakarta Siap-siap Banjir

21 Penerbangan Terganggu

Selain perjalanan kereta api di Stasiun Tawang. Sebanyak 21 penerbangan baik kedatangan maupun keberangkatan di Bandara Internasional Ahmad Yani juga terganggu.

Gangguan ini diakibatkan, landasan pacu pesawat tempat dimana pesawat mendarat dan terbang tergenang banjir.


Share :