6 Jenis Tanaman Hias Dracaena yang Ada di Indonesia, Salah Satunya Dracaena Reflexa

6 Jenis Tanaman Hias Dracaena yang Ada di Indonesia, Salah Satunya Dracaena Reflexa

Ekel Suranta Sembiring
2021-02-03 18:43:21
6 Jenis Tanaman Hias Dracaena yang Ada di Indonesia, Salah Satunya Dracaena Reflexa
Dracaena reflexa (foto: mooreparkplantscapes.ca)

Tanaman Dracaena merupakan salah satu tanaman hias yang terdiri lebih dari 120 jenis. Dari banyaknya jenis tanaman hias Dracaena ini, beberapa diantaranya ada ditemukan di Indonesia.

Berikut enam jenis tanaman hias Dracaena yang ada di Indonesia:

1. Dracaena fragrans

Dracaena fragrans (foto: florastore.com)

Dracaena fragrans memiliki varietas Masangeana, indenii, dan Victoria. Tanaman ini populer sebagai tanaman indoor, karena tanaman ini mampu menyerap gas NO dan mengubahnya menjadi NO2, CO2, dan CO. Tanaman ini lebih populer dengan nama sri gading di pasaran.

Baca Juga: Sudah Tahu? Berbagai Tanaman Hias ini Diyakini Membawa Hoki di Tahun Kerbau Logam

2. Dracaena goldieana

Dracaena goldieana (foto: id.pinterest.com)

Tanaman hias Dracaena goldieana dikenal juga dengan nama Green Zebra Plant, dan Zebra Striped Dragon Tree. Jika ingin memelihara Dracaena goldieana sebagai tanaman hias, Anda harus menyiramnya secara teratur dengan jeda setiap beberapa hari. Tanah media tanamnya tidak boleh sampai terlalu basah agar akar tidak busuk.

3. Dracaena reflexa

Dracaena reflexa (foto: mooreparkplantscapes.ca)

Dracaena reflexa atau Song of India cukup mirip dengan Dracaena deremensis. Daunnya berwarna hijau dengan bagian tepi berwarna kuning. Sementara bentuknya meruncing mirip pedang.

Baca Juga: Jenis-jenis Tanaman Hias Anthurium Bunga Cantik Mempesona

4. Dracaena sanderiana

Dracaena sanderiana (foto: primrose.co.uk)

Salah satu jenis Dracaena yang sedang populer dan mulai banyak dibudidayakan adalah bambu rezeki (Dracaena sanderiana) atau yang popular juga dengan sebutan tanaman pita (ribbon plant). Tanaman ini berasal dari Kamerun.

Dracaena sanderiana juga memiliki varietas Moonshine. Tanaman ini populer sebagai tanaman hias pembawa rezeki dalam fengshui. Walaupun begitu, populer juga sebagai tanaman hias di Jepang, China, dan negara-negara Asia Timur lainnya.

5. Dracaena marginata

Dracaena marginata (foto: crocus.co.uk)

Selanjutnya ada Dracaena marginata (dragon tree) dengan varietas Tricolor dan Colorama yang cantik. Dracaena draco termasuk kelompok Dracaena yang bisa tumbuh besar. Dracaena marginata mampu menghasilkan oksigen, sekaligus mengontrol kadar kelembapan dalam ruangan.

Menurut hasil penelitian Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA, tanaman ini mampu menyerap benzena, formaldehida, xylena, dan toluena dari udara. Sejumlah penelitian juga menyebutkan dracaena dapat meningkatkan suasana hati orang-orang yang berada di sekitarnya.

Baca Juga: Jenis-jenis Tanaman Hias Varigata yang Paling Diburu, Berikut Gambarnya

6. Dracaena deremensis

Dracaena deremensis (foto: amazon.com)

Dracaena deremensis yang memiliki varietas Janet Craig, Bausei, Warnecki, Green Stripe, White Stripe, Yellow Stripe, Lemon Lime dan Compacta. Tanaman ini juga disebut sri gading di lapak-lapak penjual tanaman hias. Ciri khasnya berupa daun berbentuk pedang dengan motif grais putih, hijau muda, atau kekuningan.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30