Mengenal Puasa Ayyamul Bidh dan Berkah Menjalankannya

Mengenal Puasa Ayyamul Bidh dan Berkah Menjalankannya

Foto
Mengenal Puasa Ayyamul Bidh dan Berkah Menjalankannya (pixabay)

Mengenal Puasa Ayyamul Bidh dalam Islam. Ternyata selain bernilai ibadah dan berkah dalam menjalankan nya juga terdapat banyak manfaat bisa didapatkan. 

Puasa ayyamul bidh adalah puasa sunah atau tidak wajib dalam ajaran Islam. Puasa ayyamul bidh merupakan puasa yang dilaksanakan pada pertengahan bulan Hijriyah. Adapun pelaksanaan nya dilakukan pada tanggal 13, 14, dan 15 bulan hijriyah. 

Baca juga: Fakta-fakta Bansos Ayam Hidup di Cianjur, Ternyata Tidak Sesuai Aturan

Sejarah puasa ayyamul bidh

Ternyata ada alasan dibalik penyebutan dan penetapan tanggal 13, 14, dan 15 bulan hijriyah puasa ayyamul bidh. Merujuk kitab 'Umdatul Qari' Syarhu Shahihil Bukhari menerangkan bahwa dinamakan puasa ayyamul bidh karena dikaitkan dengan turun nya Nabi Adam AS ke Bumi. 

Sejarah puasa ayyamul bidh merujuk riwayat Ibnu Abbas berkaitan dengan kondisi tubuh Nabi Adam AS yang gosong sebab terbakar matahari. Menurut Ibnu Abbas Allah memerintahkan Adam AS untuk berpuasa selama 3 hari, pada 13, 14, 15 bulan Hijriyah. 

Berkah menjalankan puasa tersebut yang dirasakan Adam AS adalah bahwa dalam kisahnya dicsebutkan puasa pertama beberapa bagian tubuh yang terbakar matahari menjadi putih dan seterusnya hingga hari ketiga puasa. 

Niat puasa ayyamul bidh 

Untuk menjalankan puasa ayyamul bidh tentunya Anda harus tahu dahulu tatacaranya, mulai dari niat puasa. Tentunya sebagai sunah, puasa ayyamul bidh tidak bernilai wajib atau paksaan, hanya saja utama dan baik jika dilaksanakan. berikut adalah niat puasa ayyamul bidh, "Nawaitu Sauma Ayyami Bidh Sunnatan Lillahi Ta'ala".

Baca juga: Biografi dan Profil Lengkap Umur Valda Alviana, Istri Cantik Pedangdut Reza D'Academy Keturunan Arab  

Setelah membaca niat maka masuk waktu imsak, Anda wajib menahan segala apa-apa yang membatalkan puasa, mulai dari makan minum dan hal lain yang membatalkan. Hal tersebut dilakukan mulai terbit fajar hingga terbenam nya matahari. 



Tag :

puasa ayyamul bidhmengenal puasa ayyamul bidhberkah puasa ayyamul bidhpuasa ayyamul bidh adalahpuasa ayyamul bidh 2021puasa ayyamul bidh bulan inijadwal puasa ayyamul bidhsejarah puasa ayyamul bidhniat puasa ayyamul bidh

Artikel Terkait :

  • Settingan Pelakor dalam Rumah Tangga Vanessa Angel dengan Bibi Ardiansyah, Hanya Demi Uang

  • Potret dan Pesona Cantik Clairine Clay, Miss Meme Tunangan Joshua Suherman

  • Biografi dan Profil Lengkap Agama Clairine Clay, Aktris Cantik Dilamar Joshua Suherman

  • Biografi dan Profil Lengkap Agama Joshua Suherman, Pelantun Lagu Diobok-obok Lamar Clairine Clay


  • Share to: